Berita Terbaru

Waka Polres Tabanan Interaktif di Bali TV

Berdasarkan surat perintah Kapolda Bali Nomor : Sprin / 885 / IX / 2016, tanggal  26 September 2016, perihal ditunjuk sebagai narasumber dalam siaran Interaktif di Stasiun BALI TV Jalan Kebo Iwa Denpasar, sesuai dengan Jadwal, dalam acara “ Halo Kamtibmas  “ Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai dengan jadwal terlampir pada hari Selasa tanggal 18 Oktober 2016,  jam 09.00 – 10.00 wita,  bertempat di stasiun BALI TV Jalan Kebo Iwa Denpasar, Polres Tabanan melaksanakan siaran Interaktif, sebagai Narasumber Wakapolres Tabanan KOMPOL LEO MARTIN PASARIBU, S.I.K.,M.H. Dalam acara / kegiatan ikut hadir di Bali TV  Kaur Penum Bid Humas Polda Bali KOMPOL SI PUTU ADHI. Siaran Interaktif mengambil tema  SITUASI KAMTIBMAS WILAYAH HUKUM POLRES TABANAN, acara siaran dipandu oleh Presenter Bali TV  GOES ARYA.

Adapun maksud dan tujuan adalah  untuk membentuk opini positif masyarakat terhadap kinerja Polri, mewujudkan trust building kepercayaan masyarakat, dengan harapan masyarakat percaya kepada Polri khususnya Polres Tabanan, sebagai pengemban tugas Harkamtibmas ( pelayan, pelindung, pengayom dan penegakan Hukum ), disamping itu juga menyampaikan imformasi yang terkait dengan terobosan / inovasi Polres Tabanan dibidang pelayanan untuk diketahui masyarakat, memberikan kemudahan dalam bidang pelayanan dengan berbasis TI ( program pendaftaran sim online, samsat online dan pelaporan quick response online ) melalui media social Internet ( lantastabanan.net ), Sehingga ke depan diharapkan masyarakat mau membantu tugas dan kegiatan Kepolisian, bekerjasama untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Adapun pokok bahasan yang disampaikan oleh Narasumber ( Wakapolres Tabanan KOMPOL LEO MARTIN PASARIBU, S.I.K.,M.H.)   diantaranya  :

  1. Situasi Kamtibmas dan Tibcarsel lantas secara umum di wilayah hukum Tabanan.
  2. Informasi yang terkait dengan terobosan kreatif Polres Tabanan di bidang pelayananan dengan berbasis TI, sehingga persyaratan administrasi akan semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat melaui media sosial lantastabanan.net.( program pendaftaran sim online, samsat online dan pelaporan quick response online ) disampaing itu juga ada layanan informasi Polres Tabanban net yang memberikan infomasi terkait dengan kegiatan Kepolisian Polres Tabanan sampai ke Polsek Jajaran.
  3. Kegiatan Operasional  Kepolisian Polres Tabanan, Penegakan hukum termasuk disiplin Polri dan pembinaan Personel dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, dengan mengedepankan fungsi prefentif sampai ketingkat Desa oleh para  Bhabinkamtibmas .
  4. Upaya peningkatan SDM yang lebih baik melalui kegiatan pelatihan fungsi dan pembinaan Personel dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas Tabanan  yang  kondusif.
  5. Upaya  mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif dengan bersinergi dengan Intansi terkait ( TNI Kodom 1619 Tabanan, Pemda/sat Pol PP, BPBD, BNN, Tokoh Masyarakat, Pecalang, masyarakat nelayan / pesisir ).

Acara Pembukaan.

Siaran Interaktif dibuka oleh Presenter BALI TV Denpasar GOES ARYA, didahului dengan memberikan salam kepada Pemirsa “ OM SWASTYASTU “ lanjut Presenter memperkenalkan Narasumber Waka Polres Tabanan KOMPOL LEO MARTIN PASARIBU, S.I.K.,M.H.

Acara Tanya jawab dan Interaktif dengan pemirsa Bali TV. Tanya jawab Presenter Bali TV ( GOES ARYA ) dengan Narasumber (Waka Polres Tabanan, KOMPOL LEO MARTIN PASARIBU, S.I.K.,M.H.) diantaranya  sbb :

  • Pak waka mohon berikan gambaran karakteristik masyarakat di Wilkum Polres Tabanan.
  • Bagaimana upaya-upaya Polres Tabanan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang tetap Kondusif.
  • Bagaimana upaya Polres Tabanan untuk dapat meraih partisipasi dan simpati warga masyarakat.
  • Dalam hal menjaga Citra Kepolisian ( spt misalnya pungli ) bagaimana upaya Polres Tabanan.
  • Seperti penjelasan diatas upaya meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik, langkah apa yang telah dilakukan Polres Tabanan.
  • Di wilayah Tabanan termasuk arus lalinnya cukup padat terutama pada jalur Denpasar Gilimanuk, pada jalur tersebut rawan terjadi Laka lantas dan dikenal Jalur tengkorak, ( mohon dijelaskan).
  • Disamping wilayah Tabanan rawan terjadi laka Lantas, apakah juga rawan terjadinya kriminlitas.
  • Bagaimana Polres Tabanan mengajak potensi masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan.
  • Bagaimana upaya Polres Tabanan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat ( suatu misal terkait dengan adanya permasalahan / kejadian agar bisa cepat terlayani ).
  • Seperti disebutkan Pak Waka Polres Tabanan, memberikan pelayanan yang lebih baik, ini tentu SDMnya harus memadai, bagaimana upaya Polres Tabanan meningkatkan SDM.
  • Bagaimana respon Masyarakat terhadap terobosan Polres Tabanan yang telah dilaksanakan.
  • Diatas disinggung, Polres Tabanan bersama instansi terkait dan Bhabinkamtismas melakukan penertiban, lalu bagaimana dengan anggota Polres sendiri bila ada yg tidak disiplin atau penampilannya tidak sesuai (spt misalnya rambut panjang ), apakah juga dilakukan tindakan.

Interaktif dengan para Pemirsa Bali  TV :

  1. Penelepon ( interaktif ) yang mengaku bernama Pak DARMAJA di Buleleng  Apakah dalam pengurusan SIM harus menggunakan KTP
  2. Penelepon ( interaktif ) yang mengaku bernama Pak MADE dari Selemadeg Barat Tabanan Bertanya terkait dengan titik rawan Laka Lantas di jalur utama Denpasar – Gilimanuk, bagimana upaya cegah, sebab pada jalur tersebut pengendara mengendarai ramor dengan kecepatan tinggi.
  3. Penelepon ( interaktif ) yang mengaku bernama pak BUKIT dari Jimbaran Seperti penjelasan Pak Waka diatas dalam hal upaya-upaya Polres Tabanan mewujudkan situasi kamtibmas Kondusif dan terobosan kreatif di bidang pelayanan, semua itu apakah tidak dijadikan barometer ditempat Polres yang lain.

Demikian pelaksanaan kegiatan siaran Interaktif di BALI TV Denpasar dapat berjalan sesuai dengan rencana,  dari beberapa poin pertanyaan ataupun  masukan,  baik dari  presenter Bali TV  maupun  dari Interaktif para pemirsa Bali TV dapat dijadikan acuan untuk selalu berbenah kearah yang lebih baik guna terwujudnya Polisi yang Profesional,  Modern dan Terpercaya, sesuai dengan Program Kapolri ( PROMOTER ).

Facebook Comments