Berita Terbaru

Upacara Piodalan di Pura Kerta Bhuana Polres Tabanan

Polda Bali – Polres Tabanan – Humas. Pada setiap Purnama Kapat yang datangnya setiap setahun sekali Polres Tabanan menyelenggarakan Upacara piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan.

 Setelah melalui berbagai kegiatan maupun persiapan seperti ngayah yang telah dilaksanakan untuk menyambut Upacara Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan dimana puncak acara untuk tahun ini Upacara Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan jatuh pada Purnama Kapat, Kamis (05/10/2017).

 Rangkaian Upacara Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan dimulai pada pukul 08.30 Wita yang diawali dengan Upacara Mendak (Mohon Kehadiran Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewa yang berstana di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan) dilanjutkan dengan “Ngebejiang / Mesucian” (memohon air suci untuk mensucikan sarana dan prasarana Upacara piodalan serta mensucikan diri dalam menyambut Upacara Piodalan. Dalam Upacara ini Seluruh anggota Polres Tabanan beserta warga Asrama Polres Tabanan beriring-iringan menuju Jalan Pahlawan Tabanan untuk “Mendak” kemudian dilanjutkan dengan Upacara Ngebejiang.

 Usai Upacara Ngebejiang dilanjutkan dengan acara puncak Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan yang di Puput / pimpin oleh Ida Pnadita dari Griya Jelijih Selemadeg Timur yang di dampingi Pemangku Kertha Bhuana Polres Tabanan I Dewa Nyoman Suta dan Pemangku lalinnya di bantu seluruh anggota Polres Tabanan.

 Hadir dalam Upacara Piodalan ini Waka Polres Tabanan Kompol Wimboko, S.I.K., Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Gede Putu Putra Astawa, S.H., Kabag Sumda Polres Tabanan Kompol I Nyoman Susila S.H. dan Pejabat Utama Polres Tabanan serta seluruh anggota Polres Tabanan yang beragama Hindu.

 Pada Kesempatan ini Waka Polres Tabanan menyampaikan pesan dari Kapolres Tabanan AKBP Marsdianto, S.H., S.I.K. yang pada intinya menyampaikan selamat menjalankan Upacara Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan dan mengajak seluruh anggota Polres Tabanan untuk berdoa memohon yang terbaik terkait dengan status Gunung Agung yang meningkat menjadi level awas sehingga seluruh masyarakat di Bali diberikan keselamatan dan ketabahan khususnya warga masyarakat di Kabupaten Karangasem. “Melalui momen yang baik ini mari kita bersama-sama berdoa untuk keselamatan Negeri ini serta dalam setiap pelaksanaan tugas selaku anggota Polri dapat berjalan dengan baik dan diberikan keselamatan” Ujar Waka Polres Tabanan Kompol Wimboko, S.I.K.

 Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan dihadiri Waka Polda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si, yang juga berkesempatan untuk melakukan persembahyangan. Upacara Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan diisi dengan hiburan tarian berupa Tarian Topeng dan Bondres yang diakhiri dengan Tarian Topeng Sidakarya sebagai pelengkap Upacara Piodalan yang diiringi oleh Sekaa Tabuh dari Polres Tabanan. Seluruh rangkaian Upacara Piodalan di Pura Kertha Bhuana Polres Tabanan secara umum berjalan dengan hikmat dan lancar.

Facebook Comments