Berita Terbaru

Upacara Peringatan Hari Puputan Margarana ke 69

Dalam rangka mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan RI terutama Pahlawan yang Gugur dalam Perang Puputan Margarana yang dipimpin oleh Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai, Pada hari Jumat  tanggal 20 Nopember 2015 jam 09.00 wita  bertempat di Taman Pujaan Bangsa Candi Margarana Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan, dilaksanakan Upacara peringatan hari Puputan Margarana ke 69.

Upacara peringatan hari Puputan Margarana ke – 69 dihadiri oleh Kesdam IX / Udayana ,  Wakil Gubernur Drs.I KETUT SUDIKERTA, BRIGJEN POLISI Drs. PUTU GEDE SUASTAWA,SH mewakili Kapolda Bali bersama Irwasda Polda Bali Komisaris Besar Polisi Drs. RAJIM ASIANTO, Pejabat Utama Polda Bali,  Pejabat Utama Kodam IX Udayana, Pejabat Utama Pemda Propinsi Bali, Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA,SIK,MHum,MM, Penjabat Bupati Tabanan I WAYAN SUGIADA,SH,MH, Kajari Tabanan ATANG BAWONO,SH,M.H, Ketua Pengadilan Negeri Tabanan UDJIANTI,SH.M.H, Pejabat Utama Pemda Kabupaten Tabanan dan undangan lainnya.

selaku Inspektur Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Puputan Margarana ini Gubernur Bali  I MADE MANGKU PASTIKA, Perwira upacara  MAYOR INF SAMSURI, Komandan Upacara MAYOR TNI – AU OPSTAR IMAM SAPUTRA,ST. Peserta Upacara 1 ( satu ) peleton Pama Kodam IX Udayana, 1 ( satu ) peleton Pama Polda Bali, Satuan Korsik dari Pemerintah Daerah Propinsi Bali,  1 (satu ) peleton POMDAM  IX  Udayana, 1 (satu) peleton Ba / Ta TNI AL ( Lanal Denpasar ), 1 ( satu ) peleton gabungan Polwan ( Pama Polda Bali, Ba Polda Bali, Ba Polres Badung, Ba Polres Tabanan ), 1 (satu) peleton Ba / Ta Rindam  IX Udayana, 1 (satu) peleton Ba / Ta Kodim 16 /19 Tabanan,1 (satu) peleton Ba / Ta TNI AU ( Lanud Ngurah Rai Denpasar ), 1 (satu) peleton Ba  Brimob Mengwi Badung, Barisan KORPRI dan HANSIP, Barisan Generasi Muda dan Pramuka, 1 (satu) Kompi Pemuda Panca Marga, 1 (satu) Peleton Pramuka Kwarcab Kabupaten Tabanan, peleton SMA / SMK Kecamatan Marga, Kab. Tabanan dan peleton SMP Kecamatan Marga.

Dalam Upacara peringatan Hari Puputan Margarana ini Gubernur Bali selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan kegiatan Upacara ini bukan hanya semata seremonial belaka melainkan sebagai salah satu semangat perjuangan kita sebagai penerus bangsa dalam meneruskan cita-cita para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan. Isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang membangun terutama para gerenasi muda agar terus berkarya dan tingkatkan prestasi untuk mendukung pembangunan nasional sehingga apa yang dicita-citakan para pejuang kemerdekaan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang bebas bermartabat adil dan makmur sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.

Selesai pelaksanaan Upacara dilanjutkan dengan pemberian Piala dan Piagam penghargaan kepada para pemenang peserta Napaktilas perjuangan Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai sekaligus peluncuran buku tentang Puputan Margarana. Diakhir acara diisi dengan Pementasan Tarian tentang perjuangan Kolonel TNI Anumerta I Gusti Ngurah Rai beserta pasukannya dalam melawan belanda yang dilanjutkan dengan Mepeed yang dilaksanakan oleh warga Br. Kelaci Desa Marga Dauh Puri. Dalam kesempatan tersebut Gubernur Bali beserta undangan yang hadir melaksanakan tabur bunga di Monumen Taman Pujaan Bangsa Margarana dan batu nisan para pejuang kemerdekaan RI.

Facebook Comments