Berita Terbaru

Upacara Peringatan hari Pahlawan ke 71 di Lapangan Alit Saputra Tabanan

Sebagai sejarah dan momentum reflektif Bangsa Indonesia untuk memberikan makna atas pengorbanan para Pahlawan Kusama Bangsa,  dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan, terkait dengan peristiwa pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar  antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemederkaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar,  guna mengenang para jasa pahlawan tersebut pada Hari Kamis tanggal 10 Nopember 2016 pukul 08.00 wita bertempat di Lapangan Alit Saputra Kabupaten Tabanan dilaksanakan  Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke – 71 dengan mengambil tema  “  SATUKAN LANGKAH UNTUK NEGERI “ sebelum acara pokok dimulai didahului dengan pementasan Tari Kolosal perjuangan I Gusti Ngurah Rai di Tanah Karangasem yang dipentaskan Sanggar Tari / Teater Jeneng SMA Negeri 1 Tabanan ( Smasta ).

Bertindak selaku Inspektur Upacara peringatan Hari Pahlawan adalah Dandim 1619 Tabanan Letkol Infantri HERWIN GUNAWAN.S.E.,  Perwira Upacara Ajun Komisaris Polisi I Wayan Wates, dan Komandan Upacara Inspektur Dua Polisi I Putu Yasa,  pembaca UUD 1945 perwakilan  dari PNS Ni Ketut Budiyani,SST, pengucap Panca Prasetya KORPRI PNS Ni Wayan Alit Wirati, pengibaran bendera  Purna Paskibraka Indonesia Tabanan tahun 2016 ,pembacaan doa  Staf kementrian agama Tabanan dan koor lagu perjuangan Disdikmudora Kabupaten Tabanan.

Dengan kesatuan – kesatuan upacara sebagai berikut :

  1. Pasukan Upacara bersenjata ; 1 peleton Ba/Ta Rindam IX Udayana, 1 peleton Ba/Ta Kodim 1619 Tabanan, 1 peleton Ba/Ta Polres Tabanan,
  2. Pasukan tidak bersenjata ; 1 kompi PNS Hansip Jajaran Pemda Tabanan, 1 peleton Damkar Pemkab Tabanan, 1 Kompi PNS Korpri Jajaran Pemkab Tabanan,  1 Kompi Siswa/Siswi SMA, 1 Kompi Siswa/siswi SMP dan 1 kompi Pramuka.
  3. Satsik/drum band Pemkab Tabanan.

Pada kesempatan tersebut tamu undangan yang hadir : Forum Komunikasi Daerah ( Kapolres Tabanan diwakili Waka Polres Tabanan Komisaris Polisi LEO MARTIN PASARIBU,S.I.K., M.H.,   Bupati Tabanan diwakili Sekda Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Arwangsa, Dandim 1619 Tabanan Letkol Infantri Herwin Gunawan, S.E. sebagai Inspektur Upacara ),  Ketua DPRD Tabanan diwakili  Ni Nengah Sri Labantari, Danrindam IX Udayana  diwakili  Haji Kursdianto, Perwakilan dari Ketua Pengadilan Negeri Tabanan Made Rumge, S.H.M.Hum., Ketua KPU Luh Darayoni,S.H., Kepala SKPD Pemkab Tabanan, anggota DPRD Tabanan, Organisasi Wanita, anggota LVRI dan Pepabri Tabanan I Dewa Sukawana, Perwira TNI/Polri ( Rindam dan Polres Tabanan) serta segenap undangan lainnya.

Susunan acara pokok peringatan Hari Pahlawan  ke -71 sebagai berikut

  • Penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara.
  • Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara.
  • Pengibaran Bendera Merah Putih.
  • Mengenang perjuangan  para Pahlawan ( Sirine dibunyikan selama 1 menit )
  • Mengheningkan cipta dipimpin  Inspektur Upacara.
  • Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara.
  • Pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Panca Prasetya KORPRI
  • Menyanyikan lagu-lagu perjuangan
  • Amanat
  • Pembacaan doa
  • Andhika Bhayangkari.
  • Laporan Komandan Upacara.
  • Penghormatan Pasukan kepada Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia KHOFIFAH INDAR PARAWANGSA, diantaranya sebagai berikut

  • Marilah kita panjatkan fuji syukur ke hadirat alah SWT, atas limpahan rahmat dan karunianya, yang member kita kekuatan jasmani dan rohani untuk terus mengemban misi perjuangan dalam meuwujudkan perikehidupan Bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
  • Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah poltik kekuatan melainkan politik harapan, bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan, pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukan betapa spirit perjuangan dan mental – karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi bebrbagai rintangan dan penderitaan.
  • Semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotism defensive kita butuh patriotism yang lebih positif dan progresif, patriotism sejati  bukan sekedar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaa negeri, untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patrotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti asing.
  • Gerakan revolusi mental  diharapkan bisa mendorong gerakan hidup baru  dalam bentuk : Perombakan cara berpikir,cara kerja,cara hidup yang merintangi kemajuan dan Peningkatan dan pembangunan cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang baik, singkat kata gerakan hidup baru adalah gerakan revolusi mental untuk menggembleng manusia ini menjadi manusia baru yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala.
  • Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung  di dalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita  semua seperti  Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa.
  • Selain itu melalui peringatan Hari Pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, peringatan hari pahlawan diharapkan  pula dapat lebih membangkitkan  semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meingkatkan kecintaan kepada Tanah Air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Pada kesempatan yang baik ini kami  mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri  sendiri pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

Kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Alit Saputra Tabanan berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Facebook Comments