Berita Terbaru

Upacara Perabuan Jenazah Wujud Pengormatan Terakhir Personil Polri

Dalam rangka memberi penghormatan terakhir kepada almarhum Brigadir I NYOMAN SUANTRA yang meninggal  dunia pada hari  Jumat  tanggal 15 Januari 2016, pukul 19.30 wita, di Banjar Dukuh pulu kelod, Desa Mambang, Kec. Seltim, Kab. Tabanan karena sakit, hari Rabu tanggal 20 Januari 2016 mulai jam 09.00 Polres Tabanan melaksanakan Upacara Perabuan Jenazah secara Dinas Kepolisian.

Rangkaian Upacara didahului dengan Upacara Pemberangkartan jenazah bertempat di depan rumah duka Banjar Dukuh pulu kelod, Desa Mambang, kec. Seltim. Kab.Tabanan. selaku Inspektur Upacara Kapolsek Seltim AKP I MADE SUNARSA, S.H, Perwira Upacara AKP I WAYAN WATES, Komandan Upacara IPDA PUTU DARMAWAN, petugas pengawal Jenazah ; AIPDA I KETUT SUKANTRA dan BRIPKA I NENGAH GUNAWAN dengan peserta Upacara pemberangkatan Jenazah Satu Peleton gabungan Pama dan Pamen Polres Tabanan, satu Peleton Pasukan bersenjata Dalmas Polres Tabanan, Satu Peleton gabungan Staf Polres Tabanan, satu peleton gabungan perwakilan Anggota Polsek jajaran Polres Tabanan, Satu peleton PNS Polres Tabanan, satu peleton Bhayangkari Cabang Tabanan.

Dalam pelaksanaan upacara ini perwakilan keluarga menyerahkan Jenazah almahum BRIGADIR I NYOMAN SUANTRA secara simbolis kepada pihak Kepolisian Resor Tabanan yang diterima oleh Inspektur Upacara untuk selanjutnya diupacarai secara dinas Kepolisian. Setelah rangkaian upacara selesai, Jenazah Almarhum Brigadir I NYOMAN SUANTRA diberangkatkan menuju kuburan umum Banjar adat Dukuh pulu kelod, Desa Mambang, Kec. Seltim, Kab. Tabanan, diiringi  para  Pelayat dari warga masyarakat  Banjar adat Dukuh pulu kelod, Desa Mambang, kec. Seltim dan pelayat dari Kepolisian Resor Tabanan.

Pada Pukul 11. 00 Wita Setibanya di Kuburan Banjar adat Dukuh pulu kelod, Desa Mambang, kec. Seltim, Kab. Tabanan, dilaksanakan Upacara Perabuan Jenazah almarhum Brigadir I NYOMAN SUANTRA secara Dinas Kepolisian. Dimana sebagai Inspektur Upacara Kapolsek Kerambitan KOMPOL I GD MD PUNIA, S.H. MH. Perwira Upacara AKP I WAYAN WATES Komandan Upacara IPDA RAI SUNIRTA, S.H. Dengan Peserta Upacara satu peleton gabungan Perwira ( Para Kapolsek dan Perwira staf  Polres Tabanan), satu peleton pasukan Penembak Salvo dari Dalmas Polres Tabanan, satu peleton gabungan anggota staf Polres Tabanan, satu peleton gabungan perwakilan anggota Polsek jajaran Polres Tabanan, satu peleton PNS Polres Tabanan, satu peleton Bhayangkari Cabang Tabanan.

Dalam pelaksanaan upacara perabuan Jenazah secara dinas Kepolisian dibacakan secara singkat riwayat hidup almarhum Brigadir I NYOMAN SUANTRA selama berdinas di Kepolisian, selanjutnya IRUP memimpin Apel Persada, mempersembahkan Jazad Almarhum kepada Ibu Pertiwi. Penghormatan terakhir kepada Jenazah Almarhum dilaksanakan dengan tembakan Salvo. Kapolsek Kerambitan KOMPOL I GD MD PUNIA, S.H. MH, selaku IRUP memberikan kata sambutan dalam upacara ini yang menyampaikan :

  • Pada hari ini kita berkumpul di kuburan Banjar adat Dukuh pulu kelod, Desa Mambang, Kec. Seltim, Kab. Tabanan, dalam acara upacara perabuan Jenazah secara dinas Kepolisian, untuk memberikan penghormatan dan penghargaan yang terakhir kepada almarhum Brigadir I NYOMAN SUANTRA yang meninggal kerana sakit, ini tentu sangat menyedihkan, namun yang maha kuasa telah mengendaki demikian, selayaknya kita bisa menerima dengan iklas.
  • Pada kesempatan ini saya  atas nama pimpinan Polri, menyatakan belasungkawa yang sedalam dalamnya, dan mendoakan semoga Tuhan yang maha Kuasa memberi ketabahan, kesabaran, bimbingan dan perlindungan kepada keluarga yang ditinggalkan. Almarhum Brigadir I NYOMAN SUANTRA, semasa hidupnya adalah seorang Bhayangkara yang selalu mendarma bhaktikan diri dalam Kepolisian, mari kita semua panjatkan Doa, semoga segala Dosa dan kesalahan Almarhum mendapat ampunan Tuhan yang maha kuasa, serta segala amal bhaktinya diterima olehnya serta mendapat tempat yang layak disisinya.

Perwakilan keluarga Almarhum juga memberikan sambutan dalam upacara ini yang pada intinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Kepolisian Resor Tabanan beserta jajaran, yang telah memberikan penghormatan kepada Almarhum Brigadir I NYOMAN SUANTRA, melaksanakan rangkaian Upacara sebagai wujud perhormatan terakhir kepada almahum ucapan terimakasih juga kepada seluruh warga Banjar Adat Dukuh Pulu yang telah mengiringi prosesi Upacara Perabuan Jenazah keluarga kami. mohon maaf yang sebesar-besarnya mewakili almarhum apabila semasa hidupnya almarhum telah membuat kesalahan baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja dilakukan.
Upacara ditutup dengan pembacaan Doa oleh Rohaniwan Polres Tabanan, selanjutnya Jenazah almarhum diserahkan kepada keluarga almarhum untuk diupacarai secara Adat setempat.

Facebook Comments