Berita Terbaru

Upacara Kesadaran Nasional Bulan Januari 2017 Polres Tabanan

Dalam rangka menanamkan nilai-nilai semangat kebangsaan, jiwa patriotik danmemupuk disiplin pada setiap insan anggota Polri / PNS Polri,untuk membangun karakter jati diri Polri, serta memberikan inspirasi, motivasi bagi peningkatan semangat pengabdian,  pada hari Selasa  tanggal 17Juni 2017 jam 08.30 wita – selesai, bertempat dilapangan Apel Polres Tabanan  dilaksanakan  upacara rutin bulanan.

Bertindak selaku Irup Kapolres Tabanan AKBP MARSDIANTO,S.H., S.I.K.,  selaku perwira Upacara AKP I NYOMAN SUMADANA, Komandan Upacara IPDA I WAYAN ARTHAYASA, S.Pd. ditunjuk sebagai pengucap Tri Brata Bripka I Made Darmawan, , pengucap Catur Prasetya Brigadir I Gede Erix Juniawan,  dan pembaca  Panca Prasetya Korpri  Pentu Ni Ketut Sritini.

Peserta / kesatuan Upacara terdiri dari   :

–     Satu peleton gabungan Perwira ( Waka,  Kabag, Kapolsek jajaran,para Kasatfung, para Kasi dan perwira Staf Polres Tabanan.

–     Satu peleton bersenjata Dalmas Polres Tabanan.

–     Satu peleton gabungan Bigadir anggota staf Polres Tabanan.

–     Satu peleton gabungan Brigadir anggota Polwan.

–     Satu peleton bagungan ( Reskrim, Intel dan narkoba )

–     Satu peleton Sat lantas Polres Tabanan.

–     Satu peleton Para Bhabinkamtibmas.

–     satu peleton PNS Polres Tabanan

Pelaksanaan upacara :

–      Inspektur Upacara tiba, pasukan disiapkan.

–      Menyanyikan lagu mars Polri

–      Penghormatan pasukan dipimpin komandan upacara.

–      Laporan komandan upacara kepada Irup

–      Penghibaran Bendera Merah Putih, dipimpin komandan Upacara.

–      Mengheningkan cipta dipimpin IRUP

–      Pembacaan teks Pancasila

–      Pengucapan Tri Brata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya KORPRI

–      Amanat IRUP

–      Andhika Bhayangkari

–      Menyanyikan lagu  perjuangan padamu negeri

–      Laporan Komandan Upacara kepada Irup, bahwa Upacara selesai, lanjut penghormatan.

Dalam amanatnya beberapa point penting yang disampaikan Kepolres Tabanan  AKBP MARSDIANTO,S.H., S.I.K sebagai berikut :

1.  puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa / Ida sanghyang Widhi Wasa, yang telah melimpahkan anugrah kesehatan dan kesempatan kepada kita semua sebagai Abdi Negara, sehingga pada hari ini bisa mengikuti Upacara bendera rutin tujuh belasan dalam suasana yang cerah.

2.  Upacara Bendera yang kita laksanakan saat ini jangan dianggap sebagai kegiatan rutin, namun harus dimaknai sebagai momentum melatih tanggung jawab, memupuk jiwa patriotic, menanamkan kembali nilai-nilai dan semngat nasionalisme pada setiap individu anggota dan PNS Polri, hal ini penting untuk membangun karakter dan jati diri Polri, serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi peningkatan semangat pengabdian kita yang dilandasi oleh Tri Brata dan Catur Prasetya.

3.  Trend gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Tabanan periode bulan terakhir secara kwantitas cendrung mengalami kenaikan, demikaian juga secara kwalitas ada kencendrungan mengalami kenaikan terutama  kasus narkoba, dimana bulan Nopember 2016 kasus narkoba nihil sedangkan Desember 2016 naik menjadi 4 kasus,  sementara kecelakaan lalu lintas dua bulan terakhir yaitu bulan Nopember dan Desember 2016 secara kwalitas maupun kwantitas cendrung mengalami kenaikan terutama laka berakibat meninggal dunia dari 4 korban menjadi 8 korban meninggal dunia,   dengan memperhatikan kondisi tersebut diharapkan kepada satuan satuan fungsi operasional agar melakukan langkah-langkah preventif dalam mengelola kamtibmas guna mencegah terjadinya gangguan nyata.

4.  Sebagaimana kita ketahui bahwa Polda Bali telah terjadi penggantian Kapolda Bali dari IRJEN POL Drs. SUGENG PRYIANTO, S.H., M.A., Kepada IRJEN POL DR. PETRUS R GOLOSE, pimpinan baru sudah barang tentu ada kebijaksanaan baru yang beliau bawa, dan kebijakan itu kita harus laksanakan, sebagai Kapolda yang baru beliau telah membuat commander wish Kapolda Bali dimana pada intinya  beliau menjabarkan commander wish Kapolri yaitu kebijakan beliau memperhatikan perkembangan dinamika nasional, dikaitkan dengan tugas bidang pembinaan dan bidang operasional, secara lengkap commander wish Kapolda sudah disampaikan kepada para Kabag,Kasat, Kasi dan  Kapolsek, saya berharap agar disampaikan kepada seluruh anggota untuk dipahami dan dilaksanakan dalam pelaksanaan tugas

5.  Isu yang berkembang  primordialisme yang tersebar di medsos yang dapat meresahkan masyarakat,

Untuk mengantisipasi  hal tersebut saya harap fungsi intelijen lakukan langkah-langkah lidik pam gal agar isu-isu tersebut tidak berkembang diwilayah kita, termasuk bhabinkamtibmas agar senantiasa berada ditengah-tengah warga masyarakat.

6.  Kita sepakat untuk mencegah segala persoalan yang ada dan meningkatkan semngat pengabdian sebagai wujud pengabdian kita dalam setiap menghadapi tantangan tugas dalam rangka peningkatan sumberdaya manusia Polri yang siap untuk melindungi, mengayomi, dan melayanai masyarakat.

Rangkaian kegiatan Upacara hingga berakhir berlangsung dengan aman dan tertib.

Polres Tabanan, Polda Bali.

 

Facebook Comments