Berita Terbaru

Tingkatkan Sumber Daya Manusia, Sosialisasi Universitas Terbuka di Polres Tabanan

Dalam rangka meningkatkan sumberdaya Personel Polres Tabanan dibidang pendidikan untuk menunjang program prioritas Kapolri dan karir personel yang dituntut dengan perkembangan teknologi dan jaman ,    Pada Hari Sabtu tanggal 7 Januari 2017 pukul 09.00 s/d 10.30 wita bertempat di Aula Wisnu Hartono dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Program S1 dan S2  Universitas Terbuka dan Sosialisasi Dikbangspes Tahun Anggaran 2017.

Sosialisasi dibuka Kabag Sumda Polres Tabanan Komisaris Polisi I Nyoman Susila,S.H., atas seijin Kapolres Tabanan Ajun Komisaris Besar Polisi MARSDIANTO,S.H., S.I.K.,  yang didamping Komisaris Polisi Amy Prakasa dari Polda Bali dan Gede Suwardika, S.Si,M.Si dari Universitas Terbuka FMIPA Statistik yang diikuti 70 Personel Polres Tabanan dan Jajaran Polsek,

Pada acara pembukaan beberapa arahan penting yang disampaikan Kabag Sumda Komisaris Polisi I Nyoman Susila,S.H., diantaranya Kita sebagai personel Polri sangat penting mengikuti pendidikan-pendidikan dikjur maupun universitas  guna mendukung program prioritas Kapolri,  Kesempatan yang baik ini agar personel  dapat mengikuti sosialisasi dengan baik  dan tanyakan kepada penyaji materi apabila kurang paham atau mengerti,  Universitas Terbuka ini bisa dilaksanakan di Polres Tabanan minimal 20 orang dengan jurusan yang sama,  Dalam mengikuti jenjang pendidikan ini tidak ada batasan umur mari kita ikuti dengan semangat,

Selesai acara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi pendidikan program S1 dan S2 Universitas Terbuka oleh Gede Suwardika, S.Si,M.Si dari Universitas Terbuka FMIPA Statistik sebagai berikut :

  1. Informasi Umum : Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan pendidikan  memalalui sistim terbuka dan jarak jauh, UT diresmikan sebagai PTN yang ke -45 pada tahun 1984, berdasarkan surat keputusan presiden no.41 tahun 1984, Sistem pendidikan terbuka mengimplikasikan adanya kegiatan belajar yang tidak dibatasi oleh ruang perkuliahan dan waktu yang terjadwal, setiap mahasiswa dapat menyesuaikan studinya dalam waktu cepat atau lambat, sesuai dengan kapasistas masing-masing, Istilah jarak jauh mengandung pengertian adanya “jarak” antara yang belajar dengan yang mengajar”Jarak” ini dijembatani dengan media belajar yang khusus dikembangkan  untuk belajar jarak jauh, system pendidikan  terbuka jarak jauh tidak memerlukan kampus untuk belajar, mahasiswa dapat belajar ditempat masing-masing, dengan demikian UT tidak hanya dapat diikuti oleh lulusan SLTA yang belum bekerja, tetapi juga pekerja yang ingin  meningkatkan jenjang pendidikannya baik di Kota-kota kecil maupun daerah terpencil.
  2. Registrasi atau pendaftaran menjadi mahasiswa UT dilakukan sepanjang tahun (setiap semester), formulir registrasi dapat diperoleh dikantor UPBJJ-UT Denpasar dan pengurus pokjar  di masing-masing Kabupaten/Kota( bagi pendidikan dasar) Formulir registrasi yang telah diisi dikirim ke UPBJJ-UT Denpasar dengan dilengkapi persyaratan yang ditentukan.
  3. Bahan ajar utama adalah buku materi pokok yang berupa bahan ajar cetak dan noncetak (modul yang dilengkapi dengan suplemen dan bentuk multimedia yang dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa. Bahan ajar dapat diperoleh di UPBJJ-UT Denpasar dan di koperasi karunika UT Pusat.
  4. Tutorial : untuk membantu mahasiswa mempelajari materi bahan ajar, UT menyelenggarakan tutorial tatap muka, dan tutorial online, dalam tutorial, tutor memberikan materi tutorial dan tugas-tugas kepada mahasiswa, materi ujian tertulis oleh tenaga ahli yang sesuai dengan bidangnya, dengan demikian kualitas materi ujian UT dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Keuntungan Kuliah di Universitas Terbuka :

–  Mendapatkan ijazah negeri, seperti PTN lainnya.

– Kualitas UT sudah diakui secara international, UT bahkan sudah menerima kembali sertifikat kualitas dan akreditasi international dari ICDE ( International Council For Open and Distance Education ).

–  Bisa kuliah tanpa meninggalkan pekerjaan, karena jam belajar bisa disesuaikan dengan waktu mahasiswa.

– Biaya kuliah terjangkau

– Bahan kuliah (modul) yang lengkap,rinci dan sangat mudah dipelajari mandiri.

–  Untuk kuliah-kuliah tertentu disediakan tutorial sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

–  Sistem administrasi dan komunikasi yang baik dimana berbagai informasi( ujian,hasil ujian kelengkapan administrasi, dll ) dapat diakses melalui internet dan HP.

Kegiatan sosialisasi berlangsung aman dan tertib. # Polres Tabanan, Polda Bali

Facebook Comments