Berita Terbaru

Setelah Pelaksanaan Bedah Pasar, Kapolres Tabanan Resmikan Pasar Adat Megati

Dalam rangka menyosong suksesnya pelaksanaan tugas Polri di masyarakat, khususnya dalam menyikapi arah kebijakan pembangunan Polri yaitu adanya upaya strategis untuk mencapai pelayanan yang maximal, Polri setiap saat selalu bergandengan tangan dengan Instansi terkait dan dengan masyarakat.

Untuk dapat terpenuhinya tujuan Polri tersebut, Polres Tabanan melakukan terobosan kreatif dengan melibatkan peran serta Komponen warga Masyarakat melakukan bedah pasar di Desa Megati Kelod, Kec. Selemadeg Timur, Kab Tabanan dan pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2016 jam 09.00 – selesai, pasar Desa Adat Magati Kelod diresmikan oleh Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA, SIK, MHum, MM.

Hadir dalam kegiatan ini Para pejabat Polres Tabanan Waka Polres Tabanan KOMPOL LEO MARTIN PASARIBU, SIK, M.H, Kabag Ops Polres Tabanan KOMPOL I GEDE PUTU PUTRA ASTAWA, S.H, Kabag Sumda Polres Tabanan, Kabag Ren Polres Tabanan, para Kasat fung Polres Tabanan, para Kapolsek jajaran Polres Tabanan dan seluruh perwita Staf Polres Tabanan, Camat Selemadeg Timur, Komandan Koramil Selemadeg Raya, Kepala Desa Megati Kelod dan Forum  Perbekel  se Kecamatan Selemadeg Timur, Majelis Alit Kec. Seltim, Bendesa Adat Pekraman Megati, Tokoh Masyarakat Desa Megati Kelod, Paguyuban / Komunitas HARLEY DAVIDSON dan warga masyarakat Desa Megeti Kelod.

sebelum acara pokok dimulai panitya peresmian menampilkan tarian yang dibawakan oleh tiga orang remaja putri diiringi para penabuh dari Seka Tabuh pemuda Desa Megati Kelod, sebagai wujud kehormatan dan selamat datang Bapak Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA, SIK, MHum, MM, beserta rombongan.

Kegiatan peresmian diawali dengan Laporan resmi Ketua Panitnya pembangunan Waka Polres Tabanan  KOMPOL LEO MARTIN PASARIBU, SIK, M.H. melaporkan secara resmi akhir dari pembangunan bedah Pasar Megati Kelod, Kec. Seltim, Kab. Tabanan, diantaranya :

  • Perencanaan bedah Pasar Desa Megati Kelod direncanakan pada pertengahan bulan Pebruari 2016, kemudian berlanjut kepelaksanaan pembangunan sehingga hari ini dapat diresmikan.
  • Maksud dilaklukan bedah pasar Desa Megati Kelod : salah satu upaya yang dapat digunakan sebagai sarana kontak, sarana untuk menumbuhkan ekonomi bagi warga masyarakat sehingga kedepan ekonomi masyarakat semakin meningkat.
  • Tujuan membangun bangunan pisik sentra ekonomi dalam bentuk bedah pasar dilokasi yang dikelola oleh masyarakat Desa Megati Kelod, sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan warga masyarakat
  • Sedangkan anggaran pembangunan fisik difasilitasi oleh pihak sponsor, dari lembaga swadaya masyarakat luar Desa Megati dan partisifasi swadaya masyakat setempat.

Sambutan Kapores Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA, SIK, MHum, MM, dalam peresmian bedah pasar ini pada intinya menyampaikan :

  • Perlu diketahui, untuk menyikapi arah kebijakan pembangunan Polri yang tertuang dalam grand strategi Polri tahap ke tiga yaitu adanya upaya strategis untuk mencapai pelayanan Prima, Kepolisian Polres Tabanan bekerjasama dengan berbagai pihak melakukan terobosan kreatif melakukan renovasi pasar tradisional Megati Kelod dengan tujuan memberikan sarana usaha yang layak bagi para pedagang tradisional sehingga nantinya dapat diharapkan meningkatkan pendapatan para pedagang. ini tentu ada korelasinya dengan tugas Polri, salah satunya mendukung salah satu program pemerintah dalam menyelamatkan ketahanan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran.
  • saya selaku Kapolres Tabanan mewakili pimpinan Polri berharap keberadaan pasar tradisional Desa Megati Kelod bisa menjadi salah satu wadah pendorong dan penggerak majunya ekonomi para pedagang khususnya dan warga masyarakat Desa Megati pada umumnya, untuk dapat memasarkan produk dari hasil pertanian maupun hasil dari olahan warga masyarakat.
  • diharapkan para pedagang dan masyarakat dapat memanfaatkan sarana ini sesuai dengan fungsinya sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian, jaga dan rawat sehingga tetap bersih dan nyaman, bila ada penambahan silahkan koordinasikan agar sesuai dengan peruntukan.
  • terlaksana dan terwujudnya pembangunan pasar tradisional Desa Megati kelod tidak terlerlepas dari partisipasi dan dukungan masyarakat serta pihak terkait, pada kesempatan ini saya selaku Kapolres Tabanan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, semoga kerjasama dan kemitraaan Polres Tabanan dengan warga masyarakat tetap terjalin dengan baik untuk selanjutnya bersama-sama mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

Sabutan Camat Selemag Timur mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kapolres Tabanan,  atas nama Warga Masyarakat Desa Megati kelod Selemadeg Timur menyampaikan puji syukur dan terimakasih kepada Kapolres Tabanan bersama staf dan jajarannya yang telah mewujud nyatakan dibangunnya pasar tradisional Desa Adat Megati Kelod dan hari ini diresmikan, pengelolaannya diserahkan kepada Masyarakat Desa Megati Kelod.Terwujudnya pembanungan pasar ini tentu sangat bermanfaat bagi warga masyarakat, ini adalah salah satu awal untuk mengangkat perekonomian warga masyarakat, ini perlu kita contoh khususnya oleh desa-desa yang lainnya, Bapak Polisi yang tugasnya mewujudkan keamanan itu sudah biasa, tapi ini membangun dan bertujuan mengangkat perekonomian warga masyarakat itu patut kita diapresiasi bersama.

kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Bendesa Adat Mekati Kelod, Penandatangan Presasti oleh Kapolres Tabanan, Mengguting pita sebagai tanda Pasar Desa Megati Kelod diresmikan dan pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat dan terakhir diisi dengan acara ramah tamah disuguhkan kuliner khas Desa Megati oleh Ibu-ibu PKK Desa Adat Megati yang diiringi dengan hiburan musik. Rangkaian kegiatan berjalan aman lancar.yang ikut menyertai rangkaian peresmian pasar Desa Megati kelod.

Facebook Comments