Berita Terbaru

Sertijab Kapolsek Baturiti dan Kasat Lantas Polres Tabanan

Dalam rangka kepentingan Organisasi di Kepolisian Serah Terima Jabatan merupakan instrumen yang sangat penting dan tepat, untuk digunakan sebagai sarana evaluasi terhadap kinerja satuan, dengan pengisian-pengisian posisi jabatan yang sesuai dengan disiplin ilmu,  pengalaman, dan karakter tugas serta memungkinkan organisasi dapat lebih mampu mengembangkan produktifitas dan kinerja satuan,  Pada hari Kamis tanggal 02 Juni 2016 pukul 08.00 wita bertempat di Lapangan Apel Polres Tabanan dilaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan Kapolsek Baturiti dan Kasat Lantas Polres Tabanan.

Kegiatan upacara serah terima tersebut diatas bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Tabanan Ajun Komisaris Besar Polisi Putu Putera Sadana,SIK,MHum, MM, Perwira Upacara Ajun Komisaris Polisi Ni Wayan Nestri, SH, Komandan Upacara Inspektur Polisi Dua I Putu Yasa,  Upacara serah terima dihadiri Waka Polres Tabanan Komisaris Polisi Leo Martin Pasaribu,SIK,MH, Para Kabag,  Kapolsek, Kasat,  Kasi dan seluruh perwira staf Polres Tabanan, sedangkan peserta /kesatuan upacara sebagai berikut1 ( satu) peleton Pamen, Pama dan Kapolsek Jajaran Polres Tabanan, 1 (satu) peleton gabungan staf dan Polsek Polres Tabanan, 1 ( satu) pelton Bhayangkari Polres Tabanan.

Upacara serah terima dilaksanakan berdasarkan :

  1. Serah terima Kapolsek Baturiti Polres Tabanan  berdasarkan  Surat Perintah Kapolres Tabanan  Nomor : Sprin/576/V/2016 tanggal 27 Mei 2016 dari Komisaris Polisi Heri Supriawan,SIK telah menyerahkan tugas dan tanggung jawab Jabatan Kapolsek Baturiti Polres Tabanan kepada Ajun Komisaris Polisi I Gede Made Surya Atmaja Putra, S.Sos.
  2. Serah terima Jabatan Kasat Lantas Polres Tabanan berdasarkan Surat Perintah Kapolres Tabanan Nomor : Sprin/576/V/2016  tanggal 27 Mei 2016 dari pejabat lama Ajun Komisaris Polisi I Wayan Sudita,SH telah menyerahkan tugas dan tanggung jawab Jabatan Kasat Lantas Polres Tabanan kepada Ajun Komisaris Polisi  I Gede Eka Putra Astawa,SH,SIK.

Susunan acara pokok Serah Terima Jabatan sebagai berikut

  • Inspektur Upacara memasuki lapangan, pasukan disiapkan.
  • Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara dipimpin oleh komandan  upacara.
  • Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara.
  • Persiapan pelaksanaan sertijab :

1) Pejabat yang melaksanakan sertijab menghadap inspektur upacara dan laporan.

2) Penanggalan dan penyematan tanda jabatan oleh inspektur upacara.

3) Laporan resmi serah terima jabatan.

4) Pengucapan sumpah jabatan.

5) Penandatanganan naskah sertijab, berita acara sertijab, dan fakta integritas.

6) Pejabat yang telah melaksanakan sertijab laporan dan kembali ke tempat.

  • Amanat inspektur upacara.
  • Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara.
  • Penghormatan kepada inspektur upacara dipimpin oleh komandan upacara.
  • Upacara selesai inspektur upacara meninggalkan lapangan.
  • Laporan  perwira upacara kepada inspektur upacara baha upacara sertijab telah dilaksanakan.

Pada amanat inspektur upacara beberapa point penting yang disampaikan sebagai berikut :

– Dalam setiap organisasi yang tumbuh dinamis,  serah terima jabatan sangat diperlukan, disamping untuk memberikan penyegaran bagi pelaksana tugas pembinaan maupun operasional , juga sebagai bentuk investasi organisasi yang sangat penting karena berfungsi sebagai indikator bagi kesiapan sumber daya manusia, dalam menjaga dan memelihara mata rantai kesinambungan regeneasi kepemimpinan, yang ada dilingkungan Polri.

– Oleh karena itu kehadiran pejabat baru harus dipandang sebagai bagian integral, yang menjadi tanda semakin mantapnya tatanan manajerial sumber daya manusia Polri, yang sangat bermanfaan bagi organisasi maupun bagi pejabat yang bersangkutan, dilihat dari kepentingan organisasi.

– Sedangkan bagi kepentingan personel, alih tugas dan tanggung jawab jabatan ini, dapat digunakan sebagai sarana untuk memperluas pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan, dalam rangka mengembangkan kapasitas pribadi dan wawasan yang bersangkutan, oleh karena itu para pejabat yang telah diberi amanah,  tugas dan tanggung jawab, hendaknya dapat memberi angin segar, yang mampu menguhkan semangat kebersamaan dan soliditas satuan, terutama dalam menghadapi tangtangan kedepan yang diprediksi akan semakin  kompleks dan dinamis, segera tata ulang dan jabarkan semua program kegiatan pada satuan kerja masing-masing, sehingga semua tahapan proses manajerial dapat berjalan lebih optimal untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh warga masyarakat.

– Pada kesempatan yang baik ini, selaku pimpinan Polres Tabanan saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejabat lama KOMPOL Heri Supriawan,SIK dan AKP I Wayan Sudita,SH beserta ibu yang selalu mendampingi suami dalam melaksanaan tugas.

– Dan selaku pribadi saya menyampaikan permintaan maaf apabila selama dalam pelaksanaan tugas dan dalam pergaulan sehari-hari ada hal yang tidak berkenan dihati.  Selamat jalan dan selamat bertugas saya ucapkan kepada saudara, semoga kita semua selalu mendapatkan berkah dan dapat  melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi.

– Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada para pejabat baru AKP I Gede Made Surya Atmaja, S.Sos dan AKP I Gede Eka Putra Astawa,SH,SIK . Saya berharap saudara cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan Polres Tabanan,  Saya percaya saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta kepercayaan yang diberikan dengan sebaik-baiknya, lanjutkan dan tingkatkan hal-hal positif yang telah dilakukan oleh pejabat yang lama.

Selesai acara serah terima jabatan,  Pada pukul 09.00 wita dilanjutkan acara kegiatan serah terima Jabatan Bhayangkari Polres Tabanan bertempat di Kantor Bhayangkari Polres Tabanan sebagai berikut

  1. Serah terima jabatan pengurus Cabang Bhayangkari dan Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari Cabang Tabanan.
  2. Serah terima Jabatan Ketua Bhayangkari Ranting Baturiti dari Nyonya Tya Heri Supriawan kepada Nyonya Susi Gede Made Surya Atmaja Putra.
  3. Pengangkatan Nyonya Anggreni Gede Putu Putra Astawa sebagai Ketua Bhayangkari Ranting Pimstaf Polres Tabanan.

Kegiatan berlangsung dengan aman dan tertib.

Facebook Comments