Berita Terbaru

Sat Polair Polres Tabanan Laksanakan Simulasi SAR

Dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman dilingkungan obyek wisata Danau Beratan Bedugul Kec. Baturiti serta untuk memberikan suatu gambaran dan kesamaan persepsi kepada personel Sat Pol Air Polres Tabanan terkait dengan cara bertindak bilamana menghadapi situasi isidentil ( penyelamatan korban tenggelam ).

Pada hari Jumat tanggal 8 April 2016 jam 10.00 – 15.00 wita, Satuan Sat Pol Air Polres Tabanan melaksanakan kegiatan latihan ( Simulasi ) di  Danau Beratan Bedugul Kec. Baturiti. Pelaksanaan latihan / simulasi dipimpin langsung oleh Kasat Pol Air Polres Tabanan IPTU IDA BAGUS SURYANATA.

Peserta latihan / simulasi :

  1. 18 Personel orang Anggota Sat Pol Air Polres Tabanan.
  2. Unit Kesehatan Polres Tabanan,
  3. Staf Humas Polres Tabanan.
  4. 4 orang Anggota Provos Polres Tabanan.
  5. 5 ( lima ) orang wartawan media cetak dan elektronik yang meliput kegiatan masing – masing :
  6. ALFANI wartawan TV One Denpasar.
  7. RAI dan ANGGA wartawan Bali TV Denpasar.
  8. DESAK  wartawan Nusa Bali
  9. ARGAMA wartawan Tribun Bali.

Palaksanaan latihan / simulasi :

Kegiatan simulasi diawali Apel bersama yang dipimpin oleh Kasat Pol Air IPTU IDA BAGUS SURYANATA,  Kasat Pol Air dibantu Unit Propam Polres Tabanan melakukan pengecekan / absen jumlah kekuatan termasuk mencatan para wartawan yang meliput kegiatan, mendatakan peralatan yang akan digunakan serta pembagian tugas.

Pada kesempatan tersebut Kasat Pol Air memperkenalkan pelalatan yang dimiliki Sat Pol Air Polres Tabanan dalam melaksanakan tugas khususnya di Obyek Wisata Danau Beratan Bedugul kepada rekan wartawan.

Adapun pelatihan yang diperagakan adalah :

  1. kemampuan bongkar pasang RUBBER BOAT.
  2. Patroli Danau, pengenalan dan penguasaan medan ( pengamatan dan pemantauan di Danau dan sepuratan Danau dengan peralatan satu unit Kapal tipe C2 Bulung Daya dan satu unit Rubber Boat  kegiatan diliput dan dipublikasikan oleh rekan wartawan.
  3. Simulasi penyelamatan korban tenggelam, dengan skenario sbb :

Sat Pol Air mendapat laporan disuatu tempat ( TKP ) ada korban tenggelam, dengan peralatan yang dimiliki Sat Pol Air langsung menuju TKP, di TKP melihat korban melambaikan tangan, saat itu pula petugas melempar pelampung dan terjun melakukan pertolongan penyelamatan korban.

Korban dinaikan ke atas Rubber Boat untuk diberi pertolongan pertama, sementara Satu unit Kapal tipe C2 mendekat ke Lokasi, korban kemudian dinaikan ke Kapal untuk dibawa ke Dermaga guna mendapat pertolongan lanjutan, sementara Rubber boat masih di tengah danau melakukan pencarian korban yang lain.

Setelah  selesai kegiatan Simulasi Kasat Pol Air memberikan ketarangan, dipilihnya Danau beratan tempat latihan karena obyek wisata Danau beratan Bedugul merupakan obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para Wisatawan, disini personel Sat Pol Air harus selalu siaga untuk memberikan keamanan dan kenyamanan terhadap pengunjung, di Danau Beratan ini telah disiagakan  satu unit Kapal tipe C2 Bulung Daya dan satu unit Rubber boat.

Facebook Comments