Berita Terbaru

Safari Ramadhan, Polres Tabanan dan FKUB Tabanan Silaturahmi di Masjid Agung Tabanan

Polda Bali-Polres Tabanan. Dalam menyambut hari suci Ramadhan Polres Tabanan bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tabanan melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan Silaturrahmi Tokoh Lintas Agama dalam rangka meningkatkan kerukunan antar umat beragama serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Selasa (22/05/2018) pukul 17.15 wita Polres Tabanan bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tabanan melaksanakan kegiatan Silaturahmi di Masjid Agung Tabanan

Hadir dalam kegiatan ini Waka Polres Tabanan Kompol Ketut Widiada, S.I.K. mewakili Kapolres Tabanan AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K., Ketua FKUB Kab. Tabanan beserta perwakilan tokoh dari masing-masing agama, Ketua Yayasan Masjid Agung Tabanan, Kasat Intelkam Polres Tabanan, Tokoh masyarakat H. Haikal Assomadani, Warga masyarakat Masjid Agung sekitar 30 orang

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Masjid Agung Tabanan menyampaikan ucapan terimakasih kepada saudara kami dari FKUB Kabupaten Tabanan beserta Polres Tabanan yang telah hadir di tempat kami.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan sikap toleransi antar umat beragama untuk mempererat tali silaturahmi antar umat Beragama dan memberikan ruang dan waktu dalam pelaksanaan Ibadah bagi umat beragama” Kata Ketua Yayasan Masjid Agung Tabanan.

Pada kesempatan ini Waka Polres Tabanan Kompol Ketut Eidiada, S.I.K. menyampaikan kegiatan yang kami laksanakan ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antar umat beragama di Kabupaten Tabanan.
“Seperti yang kita ketahui di Bali dikenal dengan rasa dan sikap toleransi yang tinggi mari kita pertahankan dan terus jalin komunikasi serta saling menghormati baik itu antar umat maupun antar agama, ras dan suku” Kata Waka Polres Tabanan.

“Tahun ini kita akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018 Kami dari Kepolisian khususnya Polres Tabanan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa menjaga kondusifitas kamtibmas sehingga Pilkada serentak 2018 dapat berjalan dengan aman dan lancar” Imbuhnya.

“menyikapi perkembangam situasi situasi nasional kita sedang diuji dengan hal-hal yang dapat menggoyahkan persatuan bangsa yang dilakukan oleh oknum dengan melakukan aksi teror di beberapa tempat yang mengatasnamakan agama seperti yang kita ketahui lewat media cetak, elektronik maupun online dan media sosial lainnya, saya mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak mudah terprovokasi dengan adanya isu-isu yang berkembang yang belum tentu kebenarannya yang dilakukan oleh pIhak yang tidak bertanggung jawab, mari kita pererat tali silaturahmi” Tegas Waka Polres Tabanan.

“Polres Tabanan siap mengamankan setiap kegiatan masyarakat khususnya kegiatan keagamaan sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan ibadahnya” ungkap Waka Polres Tabanan.

Ketua FKUB Kab. Tabanan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kepolisian atas terselenggaranya kegiatan safari ramadhan kali ini untuk bertatap muka dengan saudara kami umat muslim.

“Dalam kesempatan yang baik ini kami menyampaikan secara historis kegiatan toleransi pertama kali di Bali dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar umat beragama. Hal ini sangat kita rasakan, di mana kita telah di uji dengan berbagai kejadian seperti Bom Bali 1 dan 2. Hal itu tidak membuat kerukunan kita tergoyahkan, justru semakin mempererat hubungan silatirahmi dalam membangun Bali hingga seperti saat ini” Kata Ketua FKUB Tabanan

“Peran FKUB dalam melakukan silaturahmi antar umat tetap kita laksanakan, di samping itu kita terikat dengan rasa Bhineka tunggal ika, untuk itu mari kita tetap bersatu dengan memegang teguh rasa persatuan dan kesatuan Indonesa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Tanpa memandang perbedaan Suku, Ras dan Agama” imbuhnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan Pernyataan sikap Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Tabanan yang di bacakan oleh Ketua FKUB. Tabanan Drs. I WAYAN TONTRA, yang isinya :
1. Tetap menjaga kerukunan umat beragama di kabupaten Tabanan dan Persatuan / Kesatuan Bangsa.
2. Berkomitmen mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Bhineka tunggal ika dan NKRI
3. Mengecam dengan keras para pelaku teror yang terjadi di wilayah NKRI
4. Mengecam keras segala bentuk teror yang terjadi yang dapat menggangu keutuhan NKRI
5. Mendukung penuh upaya Kepolisian Resor Tabanan untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Diakhir acara dilanjutkan dengan penyerahan Takjil secara simbolis oleh Waka Polres Tabanan serta Tokoh Lintas agama kepada Jemaah Masjid Agung Tabanan dan berbuka puasa bersama. Kegiatan berakhir pada pukul 19.00 wita berjalan dengan lancar diakhiri dengan foto bersama.

Facebook Comments