Berita Terbaru

Rapat Koordinasi Tim Saber Pungli Tabanan

Polda Bali – Polres Tabanan. Berdasakan Keputusan Bupati  Tabanan Nomor 180/352/02/HK & HAM/2016 tentang  Pembentukan Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar pada Pemerintah Kabupaten Tabanan Tahun 2016  tanggal  28 Nopember 2016,  Pada Hari Jumat  tanggal 3 Pebruari  2017 pukul 11.00 Wita s/d 12.30 wita Tim Satuan  Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar  Pemerintah Kabupaten Tabanan melaksanakan rapat koordinasi di Ruangan Rapat Utama Kabupaten Tabanan.

Kegiatan rapat koordinasi dalam pelaksanaan tugas dipimpin Bupati  Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos, didampingi  Sekda Tabanan Ir. I Nyoman Ariwangsa,MM, Inspektur Kabupaten Tabanan Bapak I Gede Urip Gunawan,S.Sos., M.Si., sebagai Wakil Ketua I, Kepala Bapeda Kabupaten Tabanan Ida Bagus Wiratmaja,S.T., M.M., sebagai Tim ahli,  dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Tabanan Bapak Wayan Yatnadi,S.H., M.Si,.

Rapat koordinasi dihadiri : Sekretaris I Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Tabanan Bapak Wayan Yatnanadi, S.H., M.Si dengan 12 anggota,  Tim Kerja Intelijen  yang diketua Kasat Intelkam Polres Tabanan Ajun Komisaris Polisi Ni Luh Komang Sri Subakti.S.H.,  dengan 6 anggota,  Tim Kerja Pencegahan  yang diketuai Kabag Hukum Pemda Tabanan Ni G.A.Putu Sumarpatni,S.H., M.Si dengan anggota 5 orang,  dan Tim Kerja Yustisi selaku ketua  Kasi Pidsus Kajari Tabanan Bapak Ida Bagus Alit Ambara Pidada, S.H.,

Dalam rapat koordinasi tersebut membahas terkait dengan rencana aksi dari masing-masing Tim / Kelompok kerja  dalam pelaksanaan tugas / Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar diwilayah Hukum Kabupaten Tabanan,   untuk menyamakan persepsi,taktik,teknis dan cara bertindak dilapangan.

Kegiatan rapat koordinasi dipandu Sekda Tabanan Ir. I Nyoman Ariwangsa,MM  diawali dengan penyambutan dan penerimaan tim saber pungli Kabupaten Tabanan diruangan Rapat Utama Kabupaten Tabanan, menyampaikan terima kasih dan selamat datang tim saber pungli Kabupaten Tabanan, dan kemudian dilanjutkan dengan  pembahasan rencana aksi dari masing-masing kelompok kerja sebagai berikut :

1.Kelompok kerja/tim Intelijen  sebagai ketuanya Kasat Intelkam Polres Tabanan Ajun Komisaris Polisi Ni Luh Komang Sri Subakti.S.H.,  dengan 6 anggota menyampaikan  dan melaporkan kepada Bupati Tabanan rencana aksi pelaksanaan tugas terkait dengan  rawan pungli  yang terjadi atau dengan sasaran atau target operasi di Sekolah tingkat SD, SMP dan SMU / SMA se Kabupaten Tabanan, Rawan pungli penerbitan perijinan seperti IMB, SIUP dan yang lainnya,  dan Rawan pungli di Badan Pertanahan yang menerbitan sertipikat tanah, dan rawan pungli di Kantor Samsat Tabanan.

2.Tim Kerja Pencegahan  yang diketuai Kabag Hukum Pemda Tabanan Ni G.A.Putu Sumarpatni,S.H., M.Si dengan anggota 5 orang,  sebagai tim pencegahan ( preventif ) rencana aksi melaksanakan sosialisasi dengan obyek Para Pejabat  tingkat daerah              ( Kabupaten), Kecamatan dan tingkat Desa  dan juga merencanakan sosialisasi dengan sasaran kepala sekolah tingkat SD, SMP, SMA se Kabupaten Tabanan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan awal bulan Pebruari 2017.

3.Tim Kerja Yustisi selaku ketua  Kasi Pidsus Kajari Tabanan Bapak Ida Bagus Alit Ambara Pidada, S.H., menyampaikan rencana kerja aksi terkait dengan data-data perkara yang dapat ditangani saber pungli dengan target penyelesaian 6 (enam) bulan dan selalu melaksanakan kooordinasi dengan baik kepada tim saber pungli.

4.Sekretaris I Asisten Pemerintah dan Kesra Setda Kabupaten Tabanan Bapak Wayan Yatnanadi, S.H., M.Si menyampaikan : Menindak lanjuti SK Bupati Tabanan pada tanggal 3 Januari 2017 Tim Saber pungli Tabanan  secara lengkap sudah pernah melaksanakan rapat dan menyamakan persepsi dan langkah – langkah penyusunan rencana aksi dan  kita hari ini  sepakat tim minta petunjuk dan arahan dari Bupati Tabanan,  sehingga kalau sudah ada petunjuk dari Bupati kita akan dapat melaksanakan tugas saber pungli ini dengan sasaran SKPD-SKPD terkait dengan pelayanan terhadap public.

5.Kabag Sumda Polres Tabanan Komisaris Polisi I Nyoman Susila, S.H. menyampaikan sistim pelaporan kegiatan saber pungli ke satuan tingkat atas, karena kadang-kadang kita dikejar-kejar pelaporannya, untuk itu saya harapkan dari sekretaris masing-masing kelompok kerja (tim ) mengkompulir laporan kegiatanya dan diteruskan ke Email yang sudah saya berikan untuk mempercepat laporan sehingga tidak ada teguran dari satuan atas.

Setelah selesai penyampaian rencana aksi dari masing-masing kelompok kerja tim saber pungli, kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, S.Sos yang pada intinya menyampaikan :

–       Tim saber pungli Kabupaten Tabanan sudah sering melaksanakan rapat koordinasi, saya minta tingkatkan komunikasi dan koordinasi dengan baik karena  saber pungli ini  merupakan kebijakan  pelaksanaan tugas dari Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi, laksanakan dengan menyusun program yang baik.

–       Pelaksanaan sosialisasi  dari Tim Sat Gas Saber Pungli  sangat penting dilaksanakan untuk menghindari kesalah pahaman dan konplain, agar direncanakan dengan baik, jelang waktu sampai kapan dilaksanakan sosialisasi ini.

–       Pada kesempatan ini saya arahkan kepada tim Saber pungli, jangan sampai menyentuh kepada urusan politik, karena saat ini Negara kita krisis kebangsaan, padahal kadang-kadang urusan politik tidak semuanya benar, harus bisa memilah mana yang akurat dan mana yang tidak akurat.

–       Masalah anggaran dari kegiatan Saber Pungli ini sudah ada, silakan gunakan dengan baik yang dapat dipertanggungjawabkan, adakan selalu rapat internal terkait masalah anggaran.

–       Tim Saber Pungli  sudah punya program silakan laksanakan, jangan dipengaruhi dari unsure-unsur politik,  untuk masukan pelayanan public di Dinas Perhubungan jangan dibawa kenuansa politik.

–       Saya sangat setuju kegiatan Saber Pungli dengan sasaran Sekolah-sekolah baik tingkat SD,SMP, SMA, karena kegiatan disekolah itu siapa anak-anak didik yang harusnya dibantu sehingga dapat terlaksana sesuai dengan prosedur dan peruntukannya.

Kegiatan rapat koordinasi berlangsung dengan aman dan tertib.

Facebook Comments