Berita Terbaru

Rapat Koordinasi Tahap Masa Tenang dan Pungut Hitung Suara Pilkada Tabanan 2015 di Polres Tabanan

Antisipasi Pilkada Tabanan tahun 2015 tanggal 9 Desember 2015 yang tinggal menghitung pisang, berbagai upaya yang telah dilaksanakan Polres Tabanan salah satunya pada hari Jumat tanggal 4 Desember 2015 pukul 09.00 Wita bertempat di Ruang Rapat Utama Polres Tabanan dilaksanakan Rapat Koordinasi yang membahas tentang akan berakhirnya tahap Kampanye Pilkada Tabanan 2015 dan akan dilaksanakan tahap masa tenang, Pendistribusian Logistik Pilkada Tabanan 2015 dan tahap pungut hitung suara.

Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tabanan AKBP Putu Putera Sadana, SIK, MHum, MM, yang dihadiri Waka Polres Tabanan Kompol Leo Martin Pasaribu, SIK, MH, Para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek jajaran Polres Tabanan beserta para undangan diantaranya Dandim 1619 Tabanan yang diwakili Pasi Ops Kodim 1619 Tabanan Lettu Inf Wongso, SH Ketua KPU Tabanan Ni Luh Darayoni, SH, perwakilan dari Panwaslih Tabanan I Gusti Made Manuaba, Perwakilan dari Kesbang Pol dan Linmas Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari Dishubkominfo Kabupaten Tabanan, perwakilan dari berbagai ormas yang ada di kabupaten Tabanan diantaranya ormas Laskar Bali, Baladika Bali, Pemuda Bali Bersatu, Bala Nusa, Forkot dan Laskar Jagasatru.

Kagiatan Rapat Koordinasi ini dibuka langsung oleh Kapolres Tabanan dengan mengucapkan selamat datang kepada hadirin peserta rapat koordinasi. Rapat Koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan terciptanya pemahaman dalam setiap pentahapan Pilkada Tabanan 2015 serta terjalin kerjasama dalam mengawal setiap tahapan Pilkada Tabanan untuk lancar dan amannya kegiatan pesta demokrasi tersebut. Dalam sambutannya Kapolres Tabanan memberikan tayangan berupa slide terkait dengan mekanisme penyelenggaraan Pilkada Tabanan tahun 2015 dan cara bertindak serta kekuatan personil yang dilibatkan Polres Tabanan dalam mengamankan jalannya setiap tahapan Pilkada Tabanan 2015. Kapolres Tabanan berharap seluruh pihak ikut berperan aktif dalam mengamankan Pilkada Tabanan 2015. Dalam Paparannya Kapolres Tabanan juga menyampaikan terkait dengan :
– Kerawanan-kerawanan dalam pelaksanaan tahap Masa Tenang, Pendistribusian Logistik dan Tahap Pungut Hitung suara.
– Data jumlah Desa, Pemilih serta suarat suara yang disediakan KPU Tabanan dalam pelaksanaan Pungut Suara.
– Pola Pengamanan yang diterapkan Polres Tabanan dari tahap masa tenang, pendistribusian logistik dan tahap pungut hitung serta pasca pelaksanaan Pungut Hitung Suara.

Dalam kesempatan ini Ketua KPU Tabanan diberikan kesempatan untuk menyampaikan beberapa penyampaian terkait dengan pentahapan Pilkada Tabanan 2015 yang pada intinya :

– Tahapan Kampanye Pilkada Tabanan 2015 akan segera berakhir pada tanggal 5 Desember 2015 yang kan kami tutup dengan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Luhur Batukaru dengan mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan serta para pasangan Calon Pilkada Tabanan 2015. Persembahyangan ini juga bertujuan untuk memohon restu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar pelaksanaan Pilkada Tabanan tahun 2015 berjalan dengan aman, tertib serta lancar.

– Disamping itu Persembahyangan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan kepada kedua pasangan calon Pilkada Tabanan 2015 terkait dengan akan dimulainya tahap masa tenang yang ditandai dengan pencabutan dan penurunan beberapa atribut Kampanye dari kedua pasangan calon di sepanjang jalur yang akan dilalui setelah pelaksanaan persembahyangan sebagai simbolis pelaksanaan tahap masa tenang. Untuk selanjutnya akan dilaksanakan oleh Pihak KPU bekerjasama dengan Panwaslih, Satpol PP dan dalam pengamanan proses pembersihan alat peraga kampanye ini dimohonkan kepada Polres Tabanan dan Kodim 1619 Tabanan.

– Dalam Masa tenang semua pihak agar mendukung pelaksanaannya untuk  menghindari adanya kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh kedua pasangan calon yang dapat berdampak pada terganggunya pelaksanaan pemungutan suara nantinya.

– Ketua KPU Tabanan juga mensosialisasikan terkait dengan surat suara sah dan tidak sah dalam pelaksanaan pemungutan suara sebagai sekedar informasi kepada seluruh undangan yang hadir dalam pelaksanaan rapat koordinasi untuk dijadikan acuan dan pemahaman apabila terjadi sengketa dalam proses penghitungan suara.

– Terkait dengan Pengiriman Logistik Pilkada Tabanan 2015, KPU Tabanan sudah menyediakan alat angkut serta route-route yang akan dilalui, untuk itu dimohon kepada Kepolisian maupun Aparat TNI dalam pendistribusiannya nanti untuk diberikan pengawalan sehingga Logistik Pilkada Tabanan sampai ke tujuan dengan aman.

Pada ksempatan ini Kapolres Tabanan memberikan kepada peserta yang hadir dalam untuk memberikan saran dan masukkan yang diawali oleh Gung Rambo perwakilan dari Ormas Laskar Bali yang menyampaikan “Saya Ini Lahir, Hidup dan Mati di Tabanan “, Kemanan Tabanan Harga Mati. Kami berharap seluruh ormas yang ada di Bali khususnya di kabupaten Tabanan bisa memposisikan diri dengan baik. Hajatan ini adalah pesta demokrasi, mari kita dukung dan tunjukkan Kwalitas Demokrasi yang baik. untuk masalah Keamanan semua pihak berperan penting dalam Hal ini kita sebagai organisasi masyarakat harus bisa memposisikan diri dan mendukung dari belakang institusi TNI dan Polri dalam menciptakan keamanan khususnya di Tabanan.

Penyampaian dari Perwakilan Panwaslih Tabanan yang mengucapkan terimakasih kepada Polres Tabanan  sehingga terselenggaranya Rapat koodinasi ini dan ucapan terimakasih juga kepada Polres Tabanan, Kodim 1619 Tabanan dan unsur pengamanan lainnya yang telah mendukung kelancaran setiap pentahapan Pilkada Tabanan 2015. Mari Kita Ciptakan Tabanan dengan Demokrasi yang baik dan berkwalitas yang dulunya notabene Tabanan merupakan Zona Merah untuk urusan Politik dan kali ini sudah membaik dan kedepan agar Tabanan mendapat lampu Hijau dalam kegiatan Pesta Demokrasi Apapun. Terkait dengan pendistribusian Logistik Pilkada Tabanan kepada Ketua KPU Tabanan diberikan masukkan agar setiap kendaraan yang nantinya dipakai mengirim Logistik Pilkada agar disiapkan Plastik / terpal mengingat cuaca akhir-akhir ini tidak menentu melihat pengalaman yang terdahulu untuk mengindari rusaknya surat Suara.

Kegiatan rapat koordinasi berakhir pada pukul 11.00 Wita selama kegiatan  berlangsung berjalan dengan Tertib dan lancar. Diakhir kegiatan Kapolres Tabanan mengajak seluruh pihak untuk mendukung dan mensukseskan jalannya Pilkada Tabanan 2015 singga tercipta situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah kabupaten Tabanan yang tentunya berdampak pada kententraman dan kesejahteraan rakyat Tabanan. Selesai Kegiatan Kapolres Tabanan mengajak undangan yang hadiri untuk berfoto bersama di lobi Polres Tabanan sebagai bentuk sinergitas dalam Pengamanan Pilkada Tabanan 2015.

Facebook Comments