Berita Terbaru

Rapat Koordinasi Operasi Simpatik 2016 Polres Tabanan

Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan didalam berlalulintas jajaran kepolisian menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Simpatik 2016 yang dilaksanakan selama 21 hari mulai dari tanggal 1 sampai dengan 21 maret 2016. Sebelum pelaksanaan Operasi terlebih dahulu dilaksanakan rapat koordinasi yang dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 29 Februari 2016 pukul 10.00 wita bertempat di Ruangan Rapat Utama Polres Tabanan.

Kegiatan rapat koordinasi dipimpin Kabag Ops Polres Tabanan Komisaris Polisi MUHAMMAD IKHWAN LAZUARDI, S.H.SIK  diikuti Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran , Kasi, asubbag, Perwira staf Polres Tabanan dan perwakilan dari Sat Pol PP PURWOKO S.Sos, perwaklian Dishub Kasi Dal Ops Dishub Kabupaten Tabanan Bapak I GUSTI DWI PUTRA bersama Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Tabanan Bapak I NYOMAN WANDRA.
Rapat Koordinasi dibuka oleh Kabag Ops Polres Tabanan Komisaris Polisi MUHAMMAD IKHWAN LAZUARDI, S.H.SIK. dengan memaparkan perencanaan Operasi Simpatik 2016 Polres Tabanan diantaranya :

  • Alur pikir sebagai acuan pelaksanaan Operasi Simpatik 2016  Instrumental Input  : UU  No.2/2002 tentang  Polri,  UU No. 25/2009 tentang Yan Publik, UU No 22 Th 2009 tentang  LLAJ dan Nawacita Presiden RI 2015-2019
  • Permasalahan bagaimana strategi revolusi mental polantas dilakukan guna mewujudkan pelayanan prima dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik?\
  • Kondisi anggota lantas saat ini adalah  masih ada anggota polantas yang belum memahami fleksibilitas posisi Polri dalam masyarakat pada waktu menjalankan perannya, masih ada anggota polantas yang belum melakukan perubahan mendasar pada  tugasnya (santun, humanis, berbudaya & martabat) , masih ada anggota polantas yang belum melakukan perubahan tata nilai, pola pikir & pola tindak, dan masih ada anggota polantas yang melakukan penyimpangan dalam melaksanakan  tugas dengan motivasi mendapatkan imbalan.
  • Kondisi anggota yang diharapkan adalah memahami fleksibilitas posisi Polri dalam masyarakat  pada waktu menjalankan perannya (polisi yang ber empati, luwes, adanya perubahan mendasar pada tugas polantas (santun, humanis, berbudaya & martabat)  (memahami nilai tb, cp & ip), adanya perubahan tata nilai, pola pikir dan pola tindak (tidak arogan / memahami bahwa polantas sebagai sosok pelindung , pengayom dan pelayan masyarakat), adanya paradigma baru sebagai sosok pengemban amanat rakyat yang santun dan humanis (transparan dan akuntabel dan tidak adanya penyimpangan yang dilakukan oleh anggota polantas dalam melaksanakan  tugas (tidak berharap imbalan & tidak ada pungli.
  • Pemaparan situasi umum wilayah Hukum Polres Tabanan.
  • Daerah rawan laka wilayah Hukum Polres Tabanan.
  • Daerah rawan macet wilayah Hukum Polres Tabanan.
  • Analisa dan evaluasi data pelanggaran Ops Simpatik tahun 2014 dan tahun 2015.
  • Analisa dan evaluasi data laka Ops Simpatik tahun 2014 dan tahun 2015.
  • Tugas pokok dalam Operasi Simpatik 2016 adalah Satgas  Polres dengan perkuatannya dengan didukung instansi terkait menyelengarakan Operasi Kepolisian Pusat dengan sandi operasi “Simpatik-2016” selama 21 (dua puluh satu)  hari dengan mengedepankan tindakan preemtif melalui pendidikan ,penyuluhan dan pelatihan lalu lintas serta tindakan preemtif dan preventif, didukung tindakan penegakan hukum untuk revitalisasi penerapan KTL guna ciptakan lokasi penggal jalan yg tertib marka, rambu, parkir serta pengguna jalan dalam rangka ciptakan kamseltibcarlantas.
  • Tujuan Operasi Simpatik 2016 adalah meningkatan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas dan angkutan jalan, terciptanya kamseltibcar lantas dengan indikator turunnya kecelakaan lalu lintas baik kualitas maupun kuantitas  serta menurunnya pelanggaran lalu lintas di kawasan tertib lantas ( ktl ) dan lainnya. dan terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang aman , kondusif dan terkendali.
  • Sasaran Operasi Simpatik 2016 adalah segala bentuk potensi gangguan (pg), ambang gangguan (ag) dan gangguan nyata (gn) sebelum, padd saat dan setelah operasi simpatik-2016 yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas.
  • Target Operasi : Orang,Barang dan lokasi.
  • Perlibatan Personel dalam Operasi Simpatik 2016 yang melibatkan sebanyak 90 orang anggota Polres Tabanan
    Kegiatan berakhir pada pukul 11.00 Wita berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.
Facebook Comments