Berita Terbaru

RAKOR PENGAMANAN DEBAT PASLON PILKADA TABANAN 2015

Sebelum pelaksanaan pengamanan  kegiatan debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan tahun 2015 yang akan diselenggarakan oleh KPU Tabanan  pada Hari kamis Tanggal 19 Nopember 2015 di Hotel Pan Pacific Nirwana Resort Tanah Lot Kediri Tabanan,   Polres Tabanan melaksanakan rapat koordinasi rencana pengamanan debat publik pada hari Selasa tanggal 17 Nopember 2015 pukul 09.00 wita bertempat di Ruangan Rapat Utama Polres Tabanan.   Guna membahas pelibatan personel pengamanan, ploting personel  taktik,teknis dan cara bertindak dilapangan,   dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif aman, tertib dan lancar terkait dengan terselenggaranya rangkaian kegiatan debat publik.

Rapat koordinasi rencana pengamanan debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Tabanan tahun 2015  dipimpin Kapolres Tabanan  AKBP PUTU PUTERA SADANA,SIK,Mhum,MM yang diikuti Waka Polres Tabanan  Komisaris Polisi LEO MARTIN PASARIBU,SIK,M.H, Kabag Ops Polres Tabanan Komisaris Polisi MUHAMMAD IKHWAN LAZUARDI, S.H.SIK para Kabag, Kapolsek Jajaran Polres Tabanan,Kasat,Kasi dan perwira staf Polres Tabanan.

Kegiatan rapat koordinasi rencana pengamanan debat publik dipimpin/dibuka oleh Kapolres Tabanan  AKBP PUTU PUTERA SADANA,SIK,Mhum,MM dengan mengucapkan om swasti astu dan fuji syukur kepada Tuhan kita semua diberikan kesehatan dan keselamatan  sehingga dapat berkumpul diruangan rapat ini guna membahas rencana pengamanan rangkaian kegiatan debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Tabanan tahun 2015,  Selesai acara pembukaan dilanjutkan paparan rencana pengamanan  debat publik oleh Kabag Ops Komisaris Polisi MUHAMMAD IKHWAN LAZUARDI, S.H.SIK diantaranya sebagai berikut :

1.        Tugas pokok rangkaian kegiatan pengamanan debat publik  adalah  Kepolisian Resort Tabanan beserta perkuatannya menyelenggarakan  pengamanan debat terbuka Pasangan Calon Bupati Dan Wabup Tabanan maupun massa pendukung kedua calon masuk dan keluar wilayah Polres Tabanan Bali pada umumnya serta kegiatan peserta di Hotel Pan Pacific Nirwana Bali Tanah Lot di Kabupaten Tabanan pada khususnya dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif, preventif , penegakkan hukum dalam rangka terwujudnya situasi kondusif di Wilayah Hukum Polres Tabanan

  •  Pelaksanaan pengamanan :Melaksanakan penjagaan dan pengaturan lalu lintas pada jalur perlintasan utama serta menuju Obyek         Wisata Tanah Lot dan Hotel Pan Pacific Nirwana Bali guna terjaminnya keamanan, keselamatan,     ketertiban, kelancaran lalu lintas sampai ke lokasi obyek hotel.
  • Melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup di jalur perlintasan utama maupun jalur menuju lokasi        obyek hotel terhadap rombongan debat terbuka calon bupati dan wabup Tabanan, barang bawaan dan     tempat-tempat obyek hotel yang dikunjungi.

2.         Cara Bertindak :

–       Pengamanan  Tertutup melaksanakan kegiatan intelejen meliputi lidik, pam gal dengan langkah- langkah deteksi dini identifikasi     dan penilaian guna memperoleh baket tentang faktor- faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya gangguan kamtibmas dan kemacetan lalu lintas. melaksanakan pengamanan secara melekat pada target pengamanan.

–       Pengamanan Terbuka Melaksanakan kegiatan pencegahan meliputi penjagaan, pengawalan, patroli di lokasi yang akan dilewati    oleh rombongan debat dan melaksanakan pam terbuka dalam pengaturan arus lalu lintas.

  1. Sasaran pengamanan : orang, barang, tempat kegiatan.
  2. Pergelaran personel  Polres Tabanan yang terlibat 386 personel dengan perincian sebagai berikut:  Sat Gas OMP 120 pers, Dalmas inti 90 pers, Lalu Lintas 40 pers, Jatanras 6 pers, dan Polsek 130 pers, sedangkan titik pengamanan  sebanyak 153 titik.
  3. Pengamanan jalur utama jalan Raya Denpasar Gilimanuk  dari Pos Dadakan s/d Pos Selabih.
  4. Penggal satu wilayah Kediri Padal 1 Kanit Patroli Sabhara Polres Tabanan dengan 6 personel dan Padal 2 Kanit Laka Polres Tabanan dengan 5 personel.
  5. Penggal 2 wilayah Tabanan  Pada 1 Kanit Lantas Kota  dengan 5 personel dan padal 2 Kanit Sabhara Kota  dengan 2 personel.
  6. Penggal 3 wilayah Kerambitan padal 1 Kanit Sabhara Kerambitan dengan  4 pers, padal 2 Kanit Lantas Kerambitan  dengan 5 pers.
  7. Penggal 4 wilayah Selemadeg Timur  pada 1 Kanit Sabhara Seltim dengan 6 pers dan padal 2 Kanit Sabhara Seltim dengan  4 personel.
  8. Penggal 5 wilayah selemadeg Padal 1 Kanit Sabhara selemadeg dengan 5 personel, Padal 2 Kanit Lantas selemadeg  dengan 4 personel dikendalikan Kasat Lantas.
  9. Penggal 6 wilayah Selemadeg Barat padal 1 Kanit Sabhara Selbar dengan 3 personel dan Padal 2 Kanit Lantas Selbar dengan  4 personel.
  10. Pengamanan Jalur Baturiti  dari Simpang Patung Jagung s/d Pos Candikuning  padal 1 Kanit Lantas Baturiti dengan 5 personel dan padal 2  Kanit Binmas Baturiti dengan 4 orang.
  11. Pengamanan Jalur pahlawan  s/d simpang Kediri dengan melibatkan 13 personel.
  12. Pengamanan Jalur Gatot Subroto s/d  simpang kediri 1 padal  dengan 5 personel.
  13. Pengamanan Jalur Obyek wisata Tanah lot  dari Kediri s/d Obyek Wisata Tanah Lot melibatkan personel sebanyak 67 orang.

Beberapa point penting yang disampaikan Kapolres Tabanan  dal;am rapat koordinasi tersebut diantaranya :

–   Rencana pengamanan ini agar disiapkan dengan baik terhadap ploting personel pada zone-zone rawan, sebelum melaksanakan tugas dilaksanakan APP terhadap personel sehingga jelas terhadap tugasnya, siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa ?

–   Libatkan personel Jatantras dalam pengamanan ini, karena menyangkut pengamanan orang ( paslon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan )

–   Bila terjadi keributan, personel yang berpakaian preman lakukan dokumentasi atau rekam kejadian tersebut dengan menggunakan Hp untuk memudahkan dalam hal penyidikan, dan yang berpakaian    seragam silakan relai kejadian tersebut.

–   Yang berhak masa pendukung masing-masing paslon mengikuti debat publik cuma 75 orang dengan menggunakan kartu atau identitas yang resmi dari penyelenggara ( KPU ), disini harus diseleksi ketat bila   masa pendukung berbau minuman alkohol agar dihentikan dan diganti dengan masa pendukung yang lainnya serta priksa barang-barang bawaannya.

Dalam rapat ini Waka Polres Tabanan juga menyampaikan beberapa penekanan diantaranya :

–  Kepada Kasat Intel adakan penggalangan kepada masing-masing paslon dan masa pendukung  paslon  agar melibatkan sedikit masa pendukungnya  untuk mengikuti debat publik.

–  Sebelum masa pendukung masuk keareal debat publik, masa dari masing-masing pendukung harus dikelompokan / dipisahkan tempatnya untuk menghindari gesekan-gesekan dari masa pendukung kedua paslon.

Waka Polsek Kediri juga menyampaikan beberapa masukan yang pada intinya menyampaikan masa pendukung dari masing-masing paslon akan dilaksanakan pemeriksaan secara ketat pada pintu masuk utama menuju tempat debat publik seperti barang-barang bawaan, kartu pengenal/identitas dari KPU. Mengingat pendukung yang masuk dibatasi sehingga mau tidak mau masa pendukung dari masing-masing pasangan calon akan terkonsentrasi diluar areal Hotel sehingga diperlukan anggota yang cukup untuk antisipasi terjadinya gesekan antar kedua pendukung pasangan calon di luar areal hotel.

selama kegiatan rapat koordinasi berlangsung tertib serta lancar. Kapolres Tabanan menghimbau agar seluruh anggota Polres Tabanan tetap memantau perkembangan situasi baik yang terlibat langsung maupun yang tidak dalam pengamanan kegiatan Debat Paslon, mengingat lokasi kegiatan merupakan wilayah zona wisata, sekecil apapun permasalahan yang terjadi akan berdampak besar pada sektor pariwisata yang tentunya berpengaruh pada perekonomian rakyat yang memicu terjadinya gangguan Kamtibmas.

Facebook Comments