Berita Terbaru

Rakor Kesiapsiagaan Arus Mudik tahun 2016

Dalam rangka mengantisipasi arus mudik lebaran tahun 2016 Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait,   Pada hari Jumat tanggal 24 Juni 2016 pukul 09.30 wita bertempat di Hotel Dewi Sinta Tanah Lot Kediri Tabanan.

Kegiatan rapat koordinasi dibuka Kepala Dinas Kesehatan dr. I NYOMAN SURATMIKA,M.Kes sekaligus sebagai moderator / memimpin diskusi giat, yang  bertujuan untuk mendapatkan masukan/kontribusi dari peserta rapat koordinasi guna melakukan pencegahan dan penanggulangan sedini mungkin terhadap kejadian gangguan akibat kecelakaan dan cedera lebih parah bagi para pemudik yang merayakan lebaran ( Idul Fitri ) dikampung halamanya.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dari Polres Tabanan diwakili Kasubag Bin Ops Inspektur Polisi Satu  Putu Sudarsana atas seijin Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA,SIK,MHum,MM, dan para undangan :  I Gusti Ketut Dui Putra,SH perwakilan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Tabanan, dr.I Gede Sudiarta  dari BRSU Tabanan, Bayu Sumarwoto dari PMI Tabanan, I Wayan Adi Astrawan,SSTP,MM  dari BPBD Tabanan, I Komang Sukarya Wibawa,A.Md,Kep dari UPTD Puskesmas Kerambitan, I Made Edi Sanjaya Putra .Kep dari UPTD Puskesmas Selemadeg Timur, dr.I Gst Agung Gde Bayupasti UPTD Puskesmas Selemadeg, dr.I Gusti Hadi Suryanto dari UPTD Puskesmas Selemedeg Barat, Ni Made Yudiawati dari UPTD Puskesmas Tabanan III, I Made Wisna dari UPTD Puskesmas Kediri I, dr.Ni Made Kencana Wati dari UPTD Puskesmas Baturiti I, dr.Ni Luh Putu Listya R.S dari UPTD Puskesmas Baturiti II, I Wayan Sucipta,S.ST dari UPTD Puskesmas Pupuan I, dr. Dewa Agus Budiana dari UPTD Puskesmas Pupuan II, dr.I Nyoman Suratmika,M.Kes  dari Dinas Kesehatan Kab.Tabanan, I Wayan Wiasa,ST.M.Kes dari Dinas Kesehatan Kab.Tabanan, dr.Desiana Kartifa Dewi,M.Kes dari Dinas Kesehatan Kab.Tabanan, I Wayan Sumawan, SKM.M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Ni Luh Gede Sri Astuti, A.Md Dinas Kesehatan Kab.Tabanan, Ida Bagus Putu Wirasuta dari Dinas Kesehatan Tabanan, I Ketut Kwartanaya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Ni Made Indah Dwi Lestari dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dan Ni Putu Arta Puspadewi dari Dinas Kesehatan Tabanan.

Selesai acara penyambutan para tamu undangan dan pembukaan oleh dr. I NYOMAN SURATMIKA,M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan dilanjutkan pemaparan materi sebagai berikut :

  1. Penyakit tidak menular factor risiko dan fase akhir.
  2. Prevalensi dan factor risiko penyakit tidak menular.
  3. Parameter yang diperiksa terhadap pengemudi dan para mudik lebaran

– Pemeriksaan tekanan darah

– Pemeriksaan gula darah

– Pemeriksaan kadal alcohol dalam udara pernafasan

– Pemeriksaan kadar amphetamine dalam urine

– Konselingdan rujukan pasca pemeriksaan.

  1. Kegiatan  lintas sektoral berkoordinasi dengan petugas Kepolisian, perhubungan,PMI dan sektoral yang lainnya.

Dalam seasen diskusi beberapa hal yang disampaikan dari peserta rapat diantaranya :

  1. Inspektur Polisi Satu Putu Sudarsana perwakilan dari Polres Tabanan menyampaikan : Saya meminta permohonan maaf kepada pimpinan rapat koordinasi dan seluruh peserta tamu undangan bahwa pimpinan kami (Kapolres Tabanan ) tidak bisa hadir karena ada tugas Kepolisian yang harus dihadiri dan tidak boleh diwakili,   Kami dari Kepolisian membuat Pos pelayanan terpadu di Soka dan juga membentuk 12 Pos pantau sesuai dengan titik-titik rawan kemacetan arus mudik dan Pos Pantau pengamanan pada Obyek wisata Bedugul Baturiti dan Obyek Wisata tanah Lot,  dalam pemeriksaan test urine mari kita laksanakan bersama-sama secara terpadu dan kami juga pada tanggal 27 Juni 2016 melaksanakan rapat koordinasi terkait pengamanan arus mudik dan balik di Polres Tabanan, saya harapkan dalam rapat nanti agar Instansi menyiapkan personelnya yang bisa dilibatkan dalam pengamanan.
  2. Perwakilan dari Dishub I Gusti Ketut Dui Putra, SH menyampaikan pada prinsipnya dari Dishub sangat mendukung kegiatan ini, dan memprioritaskan arus mudik lebaran agar tetap aman,lancer dan terkendali, kami juga sudah merencanakan mudik gratis bagi umat muslim tanggal 2 Juli 2016, dan pembuatan Pos pengamanan mudik di Terminal pesiapan, saya minta agar dari masing-masing instansi mempersiapkan personelnya untuk sama-sama ongkol di Pos Terminal Pesiapan.
  1. Perwakilan dari BPBP Kabupaten Tabanan I Wayan Adi Astrawan,SSTP,MM menyampaikan  dalam kegiatan arus mudik dan balik lebaran dari BPBD sudah mempersiapkan personel : 26 orang untuk reaksi cepat dan 101 personel pemadam kebakaran,  kami juga sudah berupaya dan berbuat untuk menangani musibah kayu tumbang, tanah longsor dan bencana lainnya prioritas  jalur pantura yang dilalui pemudik  dan sudah melaksanakan pemangkasan terhadap pohon yang potensi akan tumbang  dan pohon lapuk antansi kemacetan arus berlalu lintas.

Rapat koordinasi hingga berakhir pukul 12.00 wita berlangsung aman dan tertib.

Facebook Comments