Berita Terbaru

Polres Tabanan Sidak Lapas Tabanan

Antisipasi terulangnya bentrok yang terjadi di Lapas baru-baru ini, Hari Senin tanggal 21 Desember 2015 pukul 14.00 WitaPolres Tabanan bekerja sama dengan Kodim 1619 Tabanan melaksanakan sidak di Lembaga Pemasyarakatan kelas II B Tabanan jalan Gunung Agung No 21 Tabanan yang dipimpin langsung Kapolres Tabanan AKBP Putu Putera Sadana, SIK, MHum, MM yang di dampingi Kabag Ops Polres Tabanan Kompol Muhammad Ikhwan Lazuardi, SH, SIK, Kasdim 1619 Tabanan Mayor Inf. I Nyoman Sulindra serta para Kapolsek Tabanan Kompol Ida Bagus Wayan, Putra, SH serta para Kasat Polres Tabanan dengan melibatkan sebanyak 156 personil gabungan TNI dan Polri terdiri dari 130 Personil Polres Tabanan dan 26 Personil TNI Kodim 1619 Tabanan bersenjata lengkap. Kedatangan Tim Gabungan Sidak Polres Tabanan dan Kodim 1619 Tabanan disambut baik oleh Kalapas Kelas II B Tabanan Ida Bagus Ardana beserta anggotanya.

Dalam sidak ini Polres Tabanan beserta Kodim 1619 Tabanan menyisir seluruh Blok Narapidana yang berjumlah 15 Blok termasuk gudang, Dapur dan kamar mandi serta ruangan-ruangan lain yang ada di Lapas Kelas II B Tabanan. Personil yang terlibat dalam sidak juga menggeledah barang-barang yang ada didalam Blok termasuk menggeledah para Napi dan Tahanan, khusus untuk Blok Napi Wanita dikerahkan personil Polwan Polres Tabanan.

Dari kegiatan penggeledahan ditemukan barang-barang yang dianggap berbahaya bagi kemanan di lingkungan Lapas diantaranya 4 Kotak Obat Nyamuk, 3 buah Ikat Pinggang / Gesper, 8 buah Bolpoint, 5 buah sendok makan, 5 buah korek gas, 6 buah cukuran kumis / jenggot, 1 kaleng politur / vernis, 1 buah gunting kecil, 2 buah pisau cuter, 3 buah senar gitar, 1 set cekian sudah terpakai dan 3 buah lambang Ormas yang ada di Bali.

Terkait dengan beberapa temuan tersebut untuk lambang ormas merupakan hasil kerajinan yang dibuat oleh para napi yang terbuat dari kertas koran dan beberapa benda lainnya digunakan dalam membuat kerajinan tersebut sedangkan untuk cekian yang ditemukan hanya untuk mengisi waktu luang Napi selama di Lapas. Namun apabila nantinya dalam perkembangan diketahui ada aktivitas perjudian di dalam Lapas tentunya akan ditindak tegas sesuai dengan Hukum yang berlaku.

Barang temuan hasil pelaksanaan Sidak ini seluruhnya diamankan Polres Tabanan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak terjadi di Lapas agar tidak terulang kembali kejadian baru-baru ini yang terjadi di LP Kerobokan. Kapolres Tabanan menghimbau kepada para Narapidana dan termasuk Tahanan yang ada di Lapas Kelas II B Tabanan untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas di lingkungan Lapas agar tetap aman dan Kondusif, tetap jaga kekompakan dan tali persaudaraan, bagaimanapun seluruh warga yang ada di Lapas Tabanan ini merupakan saudara senasib sepenanggungan jangan ada terkotak-kotak karena ego kelompok tertentu. Begitu juga kepada Kalapas dan Petugas Lapas agar memperketat embali dalam pemeriksaan para pembesuk tahanan jangan sampai ada benda-benda berbahaya masuk dalam lapas yang dapat membahayakan para Napi termasuk petugas Lapas dan tingkatkan pengawasan terhadap para Napi maupun Tahanan.

Kegiatan Sidak dilaksanakan selam 1 Jam berakhir pada pukul 15.00 Wita selanjutnya dilaksanakan apel konsolidasi personil yang terlibat dalam sidak dan penggelaran hasil temuan sidak. Kegiatan ini akan secara rutin dilaksanakan Polres Tabanan bekerjasama dengan Instansi terkait untuk mengantisipasi persoalan di Lapas agar tidak terulang kembali.

Facebook Comments