Berita Terbaru

Polres Tabanan Menerima Supervisi dari Direktorat Binmas Polda Bali

Dalam rangka mengecek / kontrol pelaksanaan kinerja atau tugas fungsi Binmas Polres Tabanan terkait dengan Juklak, Juknis, arahan-arahan atau perintah  dari Dir Binmas Polda Bali (Satuan tingkat atas) dalam aplikasi pelaksanaannya, pada Hari Rabu tanggal 08 Juni 2017 pukul 12.00 wita Direktorat Binmas Polda Bali melaksanakan supervisi di Satuan Binmas Polres Tabanan.

Tim supervisi dari Direktorat Binmas Polda Bali yang melaksanakan supervisi di Satuan Binmas Polres Tabanan diantaranya :

  1. AKBP I GUSTI PUTU ARDANA Jabatan Wadir Binmas Polda Bali.
  2. AKBP SG SUKAWIYASA Jabatan Kasubdit Polmas Polda Bali.
  3. KOMPOL I NYOMAN PANCA anggota tim.
  4. KOMPOL I MADE MUNDRA anggota tim.

Diawali penyambutan/peneriman Ketua Tim bersama rombongan oleh Kabag Ops Polres Tabanan Komisaris Polisi I GEDE PUTU PUTRA ASTAWA,SH didampingi Kasat Binmas Polres Tabanan Ajun Komisaris Polisi I NENGAH DARMA,SH atas seijin Kapolres Tabanan dan langsung menuju Ruangan Kerja Kabag Ops untuk istirahat sejenak,   Selesai istirahat Ketua Tim dan rombongan menuju Aula Wisnu Hartono guna memberikan arahan  yang dihadiri  Para Kanit Binmas Polres dan Polsek Jajaran , Panit Binmas Polsek Jajaran, Perwira Binmas Polres Tabanan serta anggota Bhabinkamtibmas Polres Tabanan,  sebelum Ketua  Tim memberikan arahan, penerimaan supervisi secara resmi di terima Kabag Ops Polres Tabanan di dampingi Kasat Binmas Polres Tabanan, dengan mohon ijin permintaan  maaf kepada Ketua Tim bersama rombongan Bapak Kapolres Tabanan tidak ada ditempat karena ada tugas penting Kepolisian yang tidak bisa ditinggalkan.

Beberapa arahan penting yang disampaikan Ketua Tim AKBP I GUSTI PUTU ARDANA sebagai berikut : Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sudah diberikan kesehatan walifiat dan dapat melaksanakan tugas mengemban fungsi Binmas,  Saya mengajak mari kita laksanakan tugas fungsi binmas ini dengan tulus dan iklas kepada masyarakat dengan pelayanan terbaik dan mengurangi atau meniadakan komplain-komplain dari masyarakat yang dapat menurunkan citra Polri,   Khususnya kepada semua bhabinkamtibmas di Polres Tabanan ini, jauhi dan hindari narkoba, jangan coba-coba mengonsumsi narkoba apalagi sebagai pengedar karena saat sekarang ini gencar-gencarnya memerangi narkoba karena sangsinya bagi personel bila ketahuan memakai atau mengendarkan narkoba sangsinya dipecat kasihan nanti dengan keluarga anda nasib Istri dan anak bisa terlantar,  Saya datang kesini bersama rombongan melaksanakan supervisi bukan semata-mata mencari kesalahan,  tujuan saya mengecek/kontrol pelaksanaan tugas Binmas apakah sudah sesuai dengan mekanisme (SOP), juknis dan juklak serta kebijakan dari Satuan Tingkat Atas     ( Dir Binmas Polda Bali ).

Arahan dari Ketua Tim selesai kemudian dilaksanakan pendalaman ke Fungsi Binmas Polres Tabanan oleh Komisaris Polisi I NYOMAN PANCA dan Komisaris Polisi I MADE MUNDRA adapun sasaran di supervisi fungsi Binmas Polres Tabanan bidang perencanaan pengorganisasian  tahun 2016 meliputi :

BIDANG OPSNAL :

– Apakah Kasat Binmas sudah mengirim rencana kegiatan mingguan termasuk tugas bhabinkamtibmas diwilayah hukumnya sebagai  bahan anev tingkat Polda Bali yang dilaksanakan  setiap senin sesuai Surat kapolda Bali Nomor : B/7539/IX/2015 Ditbinmas Polda Bali tanggal 25 September 2015.

– Apakah Kasat Binmas sudah membuat rencana giat fungsi untuk menghadapi MEA, Idulfitri dan sidang interpol.

– Berapa Jukrah yang sudah diterima dari satuan atas, apakah sudah diteruskan ke Jajaran Polsek.

BINTIBLUH :

– Apakah Polisi Cilik minimal satu p[eleton sudah dibentuk ? dan apakah pembinaan dan pelatihan telah terlaksana secara rutin.

– Apakah PKS telah dibentuk ? apakah pembinaan sepenuhnya dilaksanakan Sat Binmas/Sat Lantas ? dan apa bentuk kegiatan pembinaanya ?.

– Untuk antisipasi gerakan radikalisme apakah kegiatan binluh telah rutin dilaksanakan bersama dengan toga, todat dan tomas .

– Dalam menghadapi Idulfitri 1437 H apakah  sudah ada perencanaan binluh yang akan dilaksanakan khususnya redawan oleh Sat Binmas.

SATPAM/POLSUS :

– Peraturan Pemerintah Republik Indonesianomor 43 tahun 2012 tentang tata cara pelaksanaan koordinasi, pengawasan dan pembinaan teknis terhadap polsus ,PNS dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa, apakah kewilayahan sudah melaksanakan ke Instansi-instansi tentang mengemban tugas polsus.

– Badan usaha jasa pengamanan merupakan patner kita Kepolisian dalam hal Harkamtibmas dikawasan lingkungan kerjanya, sampai sejauhmana pembinaannya dan apakah sudah diketahui.

POLMAS :

– Jelaskan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan selaku petugas bhabinkamtibmas di Desa terkait delam menghadapiu MEA, dalam rangka menghadapi perayaan Idul Fitri 1437 H dan sidang interpol yang akan datang tahun 2016

– Sejauhmana pemahaman masyarakat terhadap polmas, apakah yang sudah dirasakan timbal baliknya kepada Polri, apakah tingkat kamtibmas naik turun ?

– Apakah bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugas di Desa binaannya ada keberhasilan ? Bhabinkamtibmas  dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh warga binaannya sehingga bisa dioselesaikan di desa , kalau ada apakah ada laporannya.

KERMA ;

– Berapakah jumlah organisasi masyarakat yang ada diwilayah hukum saudara lampirkan nama ketua, sekretaris dan jumlah anggotanya termasuk nomor Hpnya ?

– Berapa jumlah instansi pemerintah yang ada diwilayah  saudara jelaskan  dan lampirankan datanya ?

– Sebutkan Ormas/LSM yang ada diwilayah saudara, siapa nama pemimpinnya dan lampirkan surat ijin pendiriannya dari Pemda ?.

Hingga berakhir kegiatan supervisi berlangsung dengan aman dan tertib.

         

Facebook Comments