Berita Terbaru

Polres Tabanan Menerima Kunjungan Tim Litbang Mabes Polri

Dalam rangka meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat yang sesuai dengan mekanisme, Polres Tabanan kedatangan Tim LITBANG ( penelitian dan pengembangan ) Mabes Polri,   pada hari Selasa tanggal 31 Mei 2016 pukul 08.30 wita. Adapun Tim penelitian dan pengembangan Mabes Polri yang melaksanakan penelitian di Polres Tabanan sebagai berikut :

  1. Komisaris Besar Polisi SUMARJIYO selaku ketua tim.
  2. Komisaris Besar Polisi SHOLEH anggota tim
  3. Ajun Komisaris Besar Polisi  SUCIPTA anggota tim
  4. Ajun Komisaris Besar Polisi RAHMAT SYUKRI anggota tim
  5. Bapak IMRON anggota tim.

Perwira pendamping dari Polda Bali yang mendampingi tim melaksanakan giat penelitian di Polres Tabanan  KOMPOL I KETUT SUJATA dan KOMPOL PUTU SUGIARTINI,  Kedatangan tim di Polres Tabanan disambut/diterima Waka Polres Tabanan KOMPOL LEO MARTIN PASARIBU, SIK, MH bersama para Kabag, Kasat, Kasi dan perwira staf Polres Tabanan, atas seijin Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA,SIK,MHum,MM rombongan tim diarahkan menuju ruangan kerja Kapolres Tabanan untuk istirahat sejenak,  Selanjutnya  tim penelitian dan pengembangan Mabes Polri memberikan arahan di Ruangan Rapat Utama Polres Tabanan yang disampaikan oleh Ketua Tim KOMBES SUMARJIYO, Kegiatan diawali sambutan dari Waka Polres Tabanan menyampaikan ucapan selamat datang di Polres Tabanan dan mewakili Kapolres Tabanan memperkenalkan para pejabat Polres Tabanan, selanjutnya waktu dan kesempatan disetahkan kepada TIM.

Ada beberapa point penting arahan dari Ketua Tim penelitian dan pengembangan Mabes Polri Komisaris Besar Polisi SUMARJIYO diantaranya sebagai berikut :

  1. Diawali dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kita dapat melaksanakan acara penelitian dan pengembangan ini atau lebih akrabnya silahturahmi di Polres Tabanan yang dihadiri Waka Polres Tabanan, Para Kabag, Kasat,Kasi dan perwira staf Polres Tabanan, dengan waktu yang singkat ini kalau saya tidak kasi arahan rasanya rugi jauh-jauh datang dari Jakarta.
  2. Polres Tabanan, lokasinya sebagai daerah penyangga dari Polres Jembrana menuju Daerah Denpasar tentunya Polres Tabanan harus mampu mengantisipasi dan melaksanakan tugas dengan baik terkait dengan kelancaran dan ketertiban berlalu lintas di Jalan Raya, memberikan pelayanan prima atau pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat di Jalan Raya. Disamping pelayanan prima dengan 3 S ( salam, senyum,sapa ) kepada masyarakat yang memohon SIM memperpanjang STNK, pelayanan SKCK, pelayanan pengaduan di SPKT serta pelayanan yang lainnya.
  3. Dalam pelayanan penerbitan SIM kepada pemohon SIM atau masyarakat  dari petugas pelayanan SIM harus melaksanakan Ujian teori dan praktek yang benar, karena terkait dengan kejadian-kejadian kecelakaan lalu lintas, dimana hal ini kita sebagai penerbit SIM akan dikejar-kejar  dari Instansi lain, dan mempertanyakan apakah penerbitan SIM sudah sesuai dengan mekanisme atau SOP penerbitan SIM.
  4. Penerbitan SIM kepada masyarakat bukan saja petugas dari SIM saja yang mampu menjelaskan kepada masyarakat, akan tetapi seluruh personel Polres Tabanan harus mampu menjelaskan mekanisme penerbitan Sim, dalam giat pelayanan supaya menggunakan pola 3S   ( Salam,Senyum dan Sapa ) bila perlu setiap apel agar dilaksanakan latihan,  karena pelayanan SIM kepada masyarakat ini merupakan prioritas / corong oleh Kapolri.

Sebelum arahan diakhiri, ketua tim memberikan kesempatan kepada para perwira untuk mengajukan pertanyan atau menyampaikan kendala pelaksanaan tugas Kepolisian di Resor Tabanan :

–  Pertanyaan dari Kabag Ops Polres Tabanan KOMPOL I GEDE PUTU PUTRA ASTAWA,SH menanyakan masalah penerimaan barang ibah bagaimana proses pemeliharaannya, karena sampai saat ini barang tersebut digunakan pasilitas untuk menunjang kinerja Polri, akan tetapi barang tersebut tidak dimasukan dalam simak, apakah barang tersebut bisa mengambil dana pemeliharaan.  Pertanyaan yang kedua apakah dari tim pernah melakukan penelitian terhadap pembantasan kendaraan-kendaraan yang masuk ke wilayah Bali, sehingga dengan masuknya kendaraan yang banyak ke Bali juga salah satu penyebab terjadinya kemacetan-kemacetan di Bali.

–  Pertanyaan dari Kabag Ren Komisaris Polisi LUH RELAWATI, SH menyampaikan bahwa harwat khususnya ranmor dinas yang sudah termasuk simak kami sudah ajukan sesuai dengan data, akan tetapi dari dinas masalah anggaran harwat tersebut turunnya tidak sesuai dengan apa yang diajukan, sehingga setiap ada wasrik hal ini dijadikan suatu temuan.

– Pertanyaan dari Kabag Sumda KOMPOL I NYOMAN SUSILA,SH  terkait dengan harwat Gedung Mako Polres Tabanan, kami selalu mengajukan kepada dinas melalui Bag Ren terkait pemeliharaan Gedung Mako Polres maupun Polsek melihat kondisi gedung sudah patut dirawat.

Setelah arahan dari TIM selesai,  Tim penelitian dan pengembangan dari Mabes Polri melaksanakan pendalaman kepada Bag Ren yang dilayanani Kabag Ren KOMPOL LUH RELAWATI, SH bersama staf, Bag Sumda dan Sapras dilayanan Kabag Sumda KOMPOL I NYOMAN SUSILA,SH bersama staf, pendalaman Fungsi Lantas dilayani Kasat Lantas AKP I WAYAN SUDITA,SH didampingi Kaur Reg Ident dan personel Staf Lantas bagian SIM.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan TIM LITBANG MABES POLRI berlangsung aman, lancar.

Facebook Comments