Berita Terbaru

Polres Tabanan Laksanakan Upacara Perabuan Jenazah

Dalam rangka memberi penghormatan dan penghargaan yang terakhir kepada salah satu anggota keluarga besar Polri almarhum AKP I GUSTI MERTA SEDANA yang meninggal  dunia pada hari  Jumat, tanggal 1 Januari 2016, pukul 22.15 wita, di Rumah Sakit Bhayangkara Mataram Lombok Barat, pada hari Selasa  tanggal  5 Januari 2016 Polres Tabanan melaksanakan Upacara Perabuan Jenazah secara Dinas Kepolisian terhadap Jenazah Alm AKP I GUSTI MERTA SEDANA.]
Kegiatan Upacara Jenazah secara dinas Kepolisian diawali dengan Upacara Pemberangkatan Jenazah pada pukul 11.00 Wita yang berlokasi dirumah duka Banjar Penebel Kelod, Desa Penebel, kec. Penebel, Kab. Tabanan. Selaku Inspektur upacara dalam upacara pemberangkatan Jenazah ini Kapolsek Penebel AKP I WAYAN DASTRA, S.H., Perwira Upacara IPTU I MADE ARYADANA, Komandan Upacara IPTU I MADE SUNARYA. Peserta Upacara Satu Peleton gabungan Pama dan Pamen  Polres Tabanan, satu Peleton Pasukan bersenjata Dalmas Polres Tabanan, Satu Peleton gabungan Staf Polres Tabanan, satu peleton gabungan perwakilan Anggota Polsek jajaran Polres Tabanan, Satu peleton PNS Polres Tabanan, satu peleton Bhayangkari Cabang Tabanan. Dalam Upacara ini Pihak Keluarga menyerahkan Jenazah  Almarhum AKP I GUSTI MERTA SEDANA secara simbolis kepada pihak Kepolisian untuk di Upacarakan secara Dinas Kepolisian yang diterima oleh Inspektur Upacara  untuk selanjutnya diberangkatkan menuju kuburan umum Desa Adat Penebel, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, diiringi  para  Pelayat dari warga masyarakat  Banjar Adat Penebel Kelod.
Pukul 12.30 wita Jenazah Alm  AKP I GUSTI MERTA SEDANA tiba di kuburan Desa Adat Penebel, Kec. Penebel, Kab. Tabanan. bersama para pelayat lansung dilanjutkan dengan Upacara Perabuan Jenazah secara Dinas Kepolisian. Bertindak selaku Inspektur Upacara dalam Upacara Perabuan Jenazah ini Kabag Sumda Polres Tabanan KOMPOL I NYOMAN SUSILA, S.H,  Perwira upacara IPTU I NYOMAN SUKADA, Komandan Upacara IPDA I GUSTI NGURAH SURYANATA, dengan Peserta Upacara Satu Peleton gabungan Perwira ( Para Kapolsek dan Perwira staf  Polres Tabanan ), satu Peleton Pasukan Penembak Salvo dari Dalmas Polres Tabanan, Satu Peleton Gabungan staf Polres Tabanan, satu peleton gabungan perwakilan anggota Polsek jajaran Polres Tabanan, Satu peleton PNS Polres Tabanan, satu peleton Bhayangkari Cabang Tabanan.
Pada Upacara Perabuan Jenazah secara dinas Kepolisian dibacakan secara singkat riwayat hidup almarhum AKP I GUSTI MERTA SEDANA selama berdinas di Kepolisian. Sebagai Penghormatan terakhir kepada Jenazah Almarhum dialksanakan penghormatan umum yang diiringi dengan tembakan Salvo.Dalam upacara ini Kabag Sumda Polres Tabanan selaku Inspektur Upacara memberikan sambutan yang pada intinya menyampaikan :
  • Pada hari ini kita berkumpul di kuburan Desa Adat Penebel. Kec. Penebel,  Kab. Tabanan, dalam acara upacara perabuan Jenazah secara dinas Kepolisian, untuk memberikan penghormatan dan penghargaan yang terakhir kepada almarhum AKP I GUSTI MERTA SEDANA, NRP : 58121188, yang meninggal karena sakit, ini tentu sangat menyedihkan, namun yang maha kuasa telah mengendaki demikian, selayaknya kita bisa menerima dengan iklas.
  • Pada kesempatan ini saya  atas nama Pimpinan Polri, menyatakan belasungkawa yang sedalam dalamnya, dan mendoakan semoga Tuhan yang maha Kuasa memberi ketabahan,  kesabaran, bimbingan dan perlindungan kepada keluarga yang ditinggalkan. Almarhum AKP I GUSTI MERTA SEDANA, semasa hidupnya adalah seorang Bhayangkara yang selalu mendarma bhaktikan diri dalam Kepolisian, mari kita semua panjatkan Doa, semoga segala Dosa dan kesalahan Almarhum mendapat ampunan Tuhan yang maha kuasa, serta segala amal bhaktinya diterima olehnya serta mendapat tempat yang layak disisinya.
Dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan keluarga Almarhum yang menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia (khususnya Kepolisian Resort Tabanan) beserta jajaran yang telah memberikan penghormatan kepada Almarhum, Ucapan terimakasih juga kepada warga Banjar Penebel Kelod, Desa Penebel sudah bersedia ngaturan ngayah mengiringi prosesi serangkaian Upacara Perabuan Almarhum, serta memohon maaf atas segala kesalahan Almarhum selama hidupnya baik sengaja maupun tidak sengaja.
Upacara ditutup dengan pembacaan Doa oleh Rohaniwan Polres Tabanan dan Penghormatan umum terakhir kepada arwah Almarhum. Selanjutnya Jenazah almarhum diserahkan kepada keluarga untuk diupacarai secara Adat setempat.
Facebook Comments