Berita Terbaru

Polres Tabanan Gelar Simulasi Penanganan Tindak Terorisme

Dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas wilayah Hukum Polres Tabanan tetap kondusip dan terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat serta untuk memberikan suatu gambaran dan kesamaan persepsi kepada personel Polres Tabanan terkait dengan cara bertindak bilamana  menghadapi situasi isidentil terutama dalam penanggulangan tindak terorisme, hari Kamis tanggal 4 Pebruari 2016 jam 09.30 witaPolres Tabanan menggelar simulasi penanggulangan tindak Terorisme yang diselenggarakan di Simpang Wagimin Tabanan.

Simulasi ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA, SIK, MHum, MM, didampingi  Waka Polres Tabanan Komisaris Polisi LEO MARTIN PASARIBU,SIK,MH, yang dihadiri Para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, Kasi dan perwira staf Polres Tabanan.
Dalam Simulasi ini diikut sertakan Satu pelton Dalmas Polres Tabanan, Satu regu Unit Patroli Sabhara, 15 orang personel Sat lantas, 15 orang personel Sat Reskrim (unit Jatantras ), 7 orang Personel Identifikasi ( Olah TKP ), 1 (satu) Regu Sat Brimod Polda Bali, 1 ( satu) Regu dari Poliklinik Polres Tabanan, 1 (satu) peleton PNS Polres Tabanan sebagai masyarakat.

Sebelum pelaksanaan Simulasi terlebih dahulu dilaksanakan Apel dalam rangka pemberian arahan oleh Kapolres Tabanan yang pada intinya menyampaikan agar pelaksanaan Simulasi dilaksanakan secara serius karena kegiatan ini dapat diaplikasikan sebagai pedoman cara bertindak apabila menghadapi situasi yang sebenarnya dan demi keamanan pelaksanaan simulasi agar seluruh senjata api dikosongkan hanya beberapa senjata saja yang akan digunakan sebagai suara tembakan harus menggunakan peluru hampa.
Adapun yang diperagakan dalan kegiatan simulasi ini diantaranya

  • Simulasi pelayanan Polres Tabanan dalam kesehariannya melaksanakan kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh Patroli Raimas Sat Sabhara Polres Tabanan dan Patroli Satgas Pemburu Preman / Jatanras serta memberikan kemanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam berlalulintas serta penindakan pelanggaran berlalulintas.
  • Simulasi ketika terjadi ledakan Bom yang dilakukan oleh pelaku tindak terorisme serta penanganannya. dalam kegiatan ini Regu Patroli Raimas dan Satgas Pemburu Preman / Jatanras Polres Tabanan dengan bersenjata lengkap dibantu Polisi lainnya melaksanakan simulasi baku tembak dan pelumpuhan pelaku tindak terorisme.
  • Setelah pelumpuhan dilanjutkan dengan simulasi koordinasi Polres Tabanan dengan Jihandak Gegana Polda Bali dalam mensterilkan lokasi terjadinya ledakan bom maupun para pelaku tindak terrorisme.
  • kegiatan  TPTKP dan olah TKP juga ditonjolkan dalam simulasi ini mengingat kegiatan ini menjadi kunci utama Polri dalam keberhasilan mengungkap suatu kasus yang dibantu dengan Ambulance Polres Tabanan untuk penanganan medis bagi anggota maupun masyarakat yang menjadi korban ledakan bom maupun aksi baku tembak.

Diharapkan dengan dilaksanakannya simulasi ini anggota Polres Tabanan dapat memahami prosedur penanganan tindak terorisme sehingga dapat meminimalisir terjadinya korban dalam penanganannya. Disamping itu dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat karena Polres Tabanan Siap dalam situasi apapun terutama dalam penanganan terorisme melalui simulasi ini.

Kapolres Tabanan juga menghimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dan ikut serta dalam memelihara situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing, sehingga peluang para pelaku tindak terorisme masuk ke Wilayah Tabanan khususnya Bali dan Indonesia pada umumnya dapat terdeteksi sedini mungkin dan dapat diambil langkah-langkah secara cepat dan tepat.

Facebook Comments