Berita Terbaru

Polres Tabanan Gelar Rakor Pengamanan Nyepi Tahun Baru Caka 1938

Menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938 tahun 2016 berbagai aktivitas yang berkaitan dengan keagamaan umat Hindu dilaksanakan seperti upacara pemelastian, Upacara Pecaruan / tawur, serta pembuatan Ogoh-ogoh yang nantinya di arak di wilayah masing-masing pada saat hari Pengerupukan dan puncaknya pada Hari Raya Nyepi tanggal 9 Maret 2016.

Antisipasi kegiatan masyarakat tersebut Polres Tabanan melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka Pengamanan Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938 yang dilaksanakan hari Rabu tanggal 2 Maret 2016 pada pukul 09.00 wita bertempat di Ruang Rapat Utama Polres Tabanan. Dalam rapat koordinasi ini dihadiri Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran Polres Tabanan serta mengundang unsur terkait diantaranya Bupati Tabanan yang diwakili Asisten I Kabupaten Tabanan I Wayan Yatnanadi Danrindam IX Udayanan yang diwakili Kasidam Rindam IX Udayana Mayor Inf. Ida Bagus Swarna, Dandim 1619 Tabanan yang diwakili Kasdim 1619 Tabanan Mayor Inf I N. Sulindra, Para Camat Sekabupaten Tabanan, Bendesa Adat Kota Tabanan, Bendesa Adat Banyar Anyar Kediri, Majelis Madya / Ketua PHDI Kabupaten Tabanan serta para perwakilan dari Sat Pol PP Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari Kesbang Pol dan Linmas Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari PMK Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari MUI Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari Walubi Kabupaten Tabanan, Perwakilan dari PGI Kabupaten Tabanan.

Rapat koordinasi ini dibuka oleh Waka Polres Tabanan Kompol Leo Martin Pasaribu, SIK, MH dengan memaparkan rencana pengamanan dalam rangka Pengamanan Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938 diantaranya terkait dengan kegiatan yang diamankan, lokasi pengamanan, perlibatan personil pengamanan serta sinergitas intansi terkait dalam pengamanan dan kerawanan-kerawanan yang ada dalam rangkaian kegiatan perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1938.

Waka Polres Tabanan selaku pimpinan rapat mewakili Kapolres Tabanan AKBP Putu Putra Sadana, SIK, MHum, MM memberikan kesempatan kepada para peserta rapat koordinasi untuk mengajukan pertanyaan, maupun saran pendapat terkait dengan rencana pengamanan Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938 yang diwali oleh saran dan masukan dari Asisten I Kabupaten Tabanan yang menjelaskan terkait dengan Perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1938 Bupati Tabanan sudah mengeluarkan surat edaran Bupati Tabanan Nomor :003.2/0337/Kesra tanggal 21 Januari 2016 tentang Himbauan Perayaan Nyepi Tahun Brau Caka 1938 diharapkan seluruh instansi terkait agar ikut mensosialisasikan surat edaran tersebut kepada masyarakat demi mewujudkan sitausi keamanan yang kondusif dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938. Masukan dari Kasdim 1619 Tabanan bahwa anggota Kodim 1619 Tabanan siap dalam mengamankan perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1938 serta akan dilaksanakan Patroli Gabungan pada puncaknya nanti yaitu pada hari Pengerupukan diharapkan kerjasama dalam kegiatan ini.

Banyak masukan-masukan yang disampaikan dalam rapat ini yang pada intinya seluruh pihak atau Instansi terkait siap ikut serta dan berpartisipasi dalam mengamankan jalannya Perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1938 dan sudah melaksanakan rapat koordinasi sebelumnya di masing-masing Desa maupun kecamatan serta para tokoh-tokoh agama juga siap mensosialisasikan kepada umatnya untuk menjaga solidaritas kerukunan antar umat beragama. MUI Kabupaten Tabanan dalam hal ini diwakili H. Anwar menyampaikan pada saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938 yang bersamaan bertepatan dengan Sholat Sunah Gerhana Matahari, para tokoh Umat Muslim Kabupaten Tabanan sudah melaksanakan rapat dan mengambil suatu kemufakatan untuk menghormati umat Hindu yang melaksanakan Hari Raya Nyepi Sholat Sunah Gerhana Matahari ini tidak dilaksanakan secara berjemaat namun dilaksanakan di rumah masing-masing tentunya dengan tetap menjunjung tinggi solidaritas agar tidak mengganggu umat Hindu yang melaksanakan Ibadahnya. Hasil rapat ini akan di sosialisasikan dalam Rapat FKUB Kabupaten Tabanan yang akan disosialisasikan kepada masyarakat khususnya umat Muslim.

Diakhir Acara Waka Polres Tabanan mengajak seluruh peserta untuk ikut serta dalam memelihara sitausi kamtibmas khususnya selama perayaan Nyepi Tahun Caka 1938, Polres Tabanan akan melaksanakan apel kesiapan Pengamana Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1938 pada tanggal 8 Maret 2016 untuk mengecek kesiapan personil yang melaksanakan pengamanan. Dalam Apel ini akan diundang kembali instansi terkait yang hadir dalam rapat ini untuk ikut serta dalam mengamankan Perayaan Nyepi. Sehingga situasi kamtibmas sebelum, selama dan sesudah Perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1938 tetap aman dan kondusif. Rapat Koordinasi berakhir pada pukul 12.00 Wita ditutup dengan santap siang bersama. Selama kegiatan berlangsung berjalan tertib dan lancar.

Facebook Comments