Berita Terbaru

Polres Tabanan Gelar Apel Kesiapan Pengamaan Sidang Umum Interpol ke 85

Mengantisipasi ancaman-ancaman yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Tabanan,   dalam rangka pengamanan Obyek Wisata Tanah Lot dan Bedugul Baturiti Tabanan serta tempat-tempat lainnya  terkait dengan sidang Interpol yang dilaksanakan tanggal 4 s/d 11 Nopember 2016,   guna terciptanya situasi Kabupaten Tabanan yang aman,nyaman dan kondusif.

Pada Hari Kamis tanggal 13 Oktober 2016 pukul 08.30 wita bertempat di Lapangan Apel Polres Tabanan dilaksanakan Apel kesiapan personel Polres Tabanan terkait pengamanan Obyek Wisata dan tempat/lokasi lainnya di Wilayah Hukum Kabupaten Tabanan.     Bertindak selaku pimpinan Apel Kapolres Tabanan Ajun Komisaris Besar Polisi MARSDIANTO, S.H., S.I.K, Komandan Apel Inspektur Polisi Dua I Nyoman Sukana.S.H., yang diikuti Para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran,Kasi dan seluruh perwira staf Polres Tabanan,

Kekuatan personel yang dilibatkan pengamanan Obyek Wisata Tanah Lot Kediri Tabanan dan Obyek Wisata Bedugul Baturiti Tabanan  berdasarkan Surat perintah Kapolres Tabanan nomor : Sprin/ 981 / X/ 2016 tanggal 8 Oktober 2016  sebanyak  171 ( seratus tujuh puluh satu ) personel,  sebagai penanggung jawab pengamanan wilayah Tabanan  Kapolres Tabanan Ajun Komisaris Besar Polisi MARSDIANTO, S.H., S.I.K, Wakil penanggung jawab  Waka Polres Tabanan Komisaris Polisi Leo Martin Pasaribu, S.I.K., M.H.,  Kasat Gas pengamanan  Kabag Ops KOmisaris Polisi I Gede Putu Putra Astawa, S.H., Kepala pengamanan wilayah Kediri Kapolsek Kediri Komisaris Polisi I Putu Suprama. S.H., Kepala pengamanan wilayah Baturiti Komisaris Polisi I Gede Made Surya Atmaja.P.S.Sos., Kepala pengamanan lidik Kasat Intelkam Ajun Komisaris Polisi Ni Luh Komang Sri Subekti. S.H., Kepala pengamanan  rolakir Kasat Lantas Ajun Komisaris Polisi I Gede Eka Putra Astawa, S.H., S.I.K., dan kepala pengamanan sidik Kasat Reskrim Ajun Komisaris Polisi I Nyoman Sukanada.S.H., M.H.

Adapun Jalur-jalur atau lokasi-lakasi yang dilaksanakan pengamanan sebagai berikut :

  1. Pengamanan Obyek Wisata Tanah Lot  jalur alternative  I personel yang dilibatkan sebanyak 10 orang. Dari Simpang Nyanyi s/d Simpang Pakendungan.
  2. Pengamanan Obyek Wisata Tanah Lot alternative II melibatkan personel sebanyak 45 orang : pengamanan jalur Simpang Dadakan s/d Simpang Pandak Nyanyi 12 orang,  pengamanan parkir tanah lot sebanyak 12 orang, Art Shop jalan ke Pura 10 orang, di Areal tepi Pantai/Pura 9 orang, Jalan Setapak Pura Batu Bolong 5 orang, Disektar /poto 6 orang, tenaga medis  3 personel.
  3. Pengamanan Obyek Wisata Bedugul Baturiti Tabanan selaku perwira pengendali kegiatan Kanit Lantas Polsek Baturiti Ajun Komisaris Polisi I NYoman Rauh.S.H., Foreder Kijang Bripka I Made Oka Budiasa bersama Bripka Agus Tirtana, S.H., Foreder BM Bripka I Komang Alit Saputra bersama Brigadir  I Made Dwija Putra dan sebagai perwira pengendali titik Bale Banjar Selat s/d Simpang Batunya Inspektur Polisi Satu I Wayan Nurdika.S.H., pengamanan jalur dari SPBU Perean s/d  Depan Rumah Makan Mutiara  personel yang dilibatkan sebanyak 38 orang.
  4. Pengamanan jalur dari Simpang Batunya s/d Pura Ulun Danu  personel yang dilibatkan sebanyak  23 orang sebagai perwira pengendali Inpektur Polisi Dua I Wayan Suwitra.
  5. Pengamanan  pada pintu masuk Kebun Raya Bedugul Baturiti personel yang dilibatkan sebanyak 10 orang bertindak selaku perwira pengendali Inpsektur Polisi Dua I Ketut Putraja.
  6. Pengamanan Patung jagung  , Pasar Kandang Baturiti  s/d pintu keluar Kebun Raya Candi Kuning personel yang dilibatkan sebanyak  20 orang, selaku perwira pengendali  Inpektur Polisi Satu  Kanisius Franata, S.I.K.
  7. Pengamanan personel 2 orang personel propam  Aiptu I Ketut Manis dan Bripka I Wayan Candra Wirawan

Pada apel kesiapan personel tersebut beberapa arahan penting yang disampaikan Kapolres Tabanan sebagai berikut

  • Kegiatan sidang Interpol tanggal 4 s/d 11 Nopember 2016, Bali sebagai tempat pelaksanaan sidang yang akan diihadiri 194 Negara, saya minta seluruh personel yang terlibat melakukan pengamanan yang serius, jangan main-main dengan pengamanan ini, mari kita atensi dan waspadai ancaman-ancaman yang mungkin terjadi, karena sekecil apapun kejadian akan membawa dampak yang tidak baik terhadap Institusi Polri, hal ini akan dinilai oleh dunia.
  • Kegiatan apel kesiapan ini tentunya kita lebih awal mengecek kekuatan personel yang akan melakukan pengamanan,  karena sering terjadi pendorongan personel dari Satuan Atas meminta untuk membeck Up personel sesuai dengan kebutuhan personel pengamanan dilokasi-lokasi yang membutuhkan personel, untuk antisipasi hal tersebut Kita dari Polres Tabanan harus siap kapanpun dibutuhkan, mari kita sukseskan sidang Interpol ini.
  • Mewaspadai terhadap ancaman-ancaman mari kita melakukan langkah atau upaya pencegahan dengan meningkatkan cipta kondisi di wilayah hukum Polres Tabanan dan Jajaran,  kepada Kasat Intel, Kasat Binmas, Kasat Reskrim  dan Kapolsek Jajaran saya perintahkan melakukan kegiatan-kegiatan penggalangan  terhadap kegiatan masyarakat  pada tanggal 4 s/d 11 Nopember 2016, kalau bisa ditunda dulu kegiatan masyarakat, secara teknis para kasat dan Bhabinkamtibmas yang lebih tahu kegiatan masyarakat tersebut.
  • Saya sudah koordinasi dengan kabag Sumda  terkait dengan pengamanan kedalam seperti pemberian jin/cuti kepada personel agar diselektif, dimana saat sidang Interpol ini kita perlu personel yang banyak, kita tidak tahu pimpinan kita tingkat Polda Bali  memerlukan pendorongan personel  sehingga kita sudah siap,  saya minta kepada seluruh personel agar menjaga kesehatannya,   terkait dengan pengamanan mako kepada personel yang tugas piket jaga agar selalu mewaspadai dan antisipasi terhadap ancaman-ancaman yang mungkin terjadi, suatu saat kami akan adakan alrm steling.
  • Sebagai informasi  Lat Pra Ops pengamanan sidang Interpol ini akan dilaksanakan di Polda Bali pada tanggal 26  s/d 28 Oktober 2016 kepada Kabag Ops agar menyiapkan administrasinya lebih awal.

Kegiatan Apel Kesiapan pengamanan sidang Interpol di Polres Tabanan berlangsung dengan aman dan tertib.

Facebook Comments