Berita Terbaru

Polres Tabanan Bersihkan Tanah Longsor di Baturiti

Polda Bali – Polres Tabanan. Hujan lebat pada hari Kamis Malam (09/02) mengakibatkan beberapa di wilayah Kabupaten Tabanan terjadi tanah longsor, salah satunya yang paling parah di wilayah Desa Candi Kuning, Baturiti Tabanan yang mengakibatkan akses jalan Denpasar – Singaraja tertutup Tanah dan pepohonan. 

Pada keesokan hari  Jumat (10/2) mendengan kejadian tersebut Kapolres Tabanan AKBP.  Marsdianto.,S.H., S.I.K., memerintahkan Pasukan Siaga Bencana Polres Tabanan melalui Kasat Sabhara POlres Tabanan AKP I Kadek Ardika, S.Sos. untuk terjun langsung membersihkan tanah, lumpur serta pepohonan yang menutupi badan jalan sehingga arus lalin bisa dilancarkan kembali dengan mengkeruk tanah yang menutupi jalan ke pinggir jalan.

Terkait dengan kejadian tersebut pada hari Sabtu (11/02) mengingat sisa longsor hanya di pinggirkan saja yang mana dikhawatirkan disamping dapat mengakibatkan longsoran tanah kembali menutupi badan jalan juga dapat membahayakan para pengguna jalan yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas, Kapolres Tabanan kembali mengerahkan personil untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan sisa longsor. dalam kegiatan sosial  ini personil Polres Tabanan diwajibkan membawa alat-alat seperti cangkul sekop, kapak dan alat lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan sisa longsor.

Dalam kegiatan ini Polres Tabanan berkoordinasi dengan Kodim 1619 Tabanan, BPBD Kabupaten Tabanan, Sat Pol PP Kabupaten Tabanan, Dinas PU Kabupaten Tabanan, serta Warga masyarakat setempat untuk ikut serta dalam membersihkan sisa hasil longsor yang didahului dengan apel bersama dalam rangka pembagian tugas..

Disamping itu juga akibat hujan yang deras salah satu jembatan di wilayah desa Candi Kuning ambrol yang mengakibatkan akses jalan terdekat yang biasa dipakai masyarakat setempat untuk beraktivitas terputus. Polres Tabanan bekerjasama dengan Kodim 1619 Tabanan membuat jembatan darurat dengan bahan bambu serta kayu yang dibantu masyarakat setempat serta berkoordinasi dengan dinas PU untuk pembuatan jembatan permanen kembali.

Kapolres Tabanan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya warga masyarakat Tabanan, agar lebih waspada dengan adanya bencana terutama tanah longsor, banjir bandang dan Pohon tumbang dimusim hujan saat ini yang diserta angin kencang. Apabila terjadi atau menemukan adanya kejadian tanah longsor maupun pohon tumbang serta bencana alam lainnya untuk segera menghubungi Kantor Kepolisian Terdekat atau Posko siaga Bencana Polres Tabanan dengan nomor 081 237 112 563 atau melalui SPKT Polres Tabanan dengan nomor (0361) 811210 dan menghubungi instansi terkait seperti Kodim 1619 Tabanan, BPBD Kabupaten Tabanan, Sat Pol PP Kabupaten Tabanan, Dinas PU Kabupaten Tabanan.

 

Facebook Comments