Berita Terbaru

POLRES TABANAN BERHASIL TANGKAP PELAKU CURANMOR

Bedasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/ 18 / IX / 2015 / Bali / Res Tbn/Sek Baturiti  tanggal 20 September  2015, dan Laporan Polisi nomor : LP/21/X/ Bali/Res Tbn/Sek.Baturiti tanggal 06 Oktober 2015  tentang pencurian kendaraan bermotor. Terkait tersebut diatas pada hari Rabu tanggal 11 Nopember  2015 jam 10.00 wita, bertempat di Halaman Apel Sat Lantas Polres Tabanan,  Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA, SIK, Mhum, MM,  didampingi Waka Polres Tabanan Komisaris Polisi LEO MARTIN PASARIBU,SIK, M.H, Kasat Reskrim Polres Tabanan AKP I NYOMAN SUKADANA, S.H dan  KBO Reskrim Polres Tabanan IPTU I NYOMAN ARTADANA, S.H. melaksanakangiat Press Releaseyang diliput Wartawan Cetak dan Elektronic, terkait dengan keberhasilan Sat Reskrim Polres Tabanan mengamankan / menangkap pelaku pencurian kendaraan bermotor, dalam pelaksanaan kegiatan menghadirkan tersangka serta menggelar barang bukti yang berhasil diasita penyidik.

Pelaku / Tersangka   Inisial FR alias O” ONG  lahir di Celukan Bawang pada tanggal 10 Oktober 1991,umur 24 tahun, Laki, Islam, pekerjaan Swasta (dagang) alamat Br. Dinas Celukan Bawang Desa Celukan Bawang Kecamatan Grokgak Kabupaten Buleleng.

Korban :

  1.  I WAYAN SADRA alamat Br. Candi Kuning Baturiti Tabanan
  2. DEWA NYOMAN ADI SIDAN alamat Br. Kembang Merta Desa Candi Kuning Baturiti  Tabanan.

Kronologis singkat kejadian   :

  1. Pada hari Minggu tanggal 20 September 2015 sekira jam 18.00 wita pelaku datang ke rumah I WAYAN SADRA berpura-pura menanyakan rumah temannya yang menjanjikan untuk mencarikan pekerjaan, karena korban I WAYAN SADRA tidak mengenal orang yang dicari tersebut maka korban mengatakan tidak tahu dan meninggalkan pelaku ke dalam rumah, tiba-tiba pelaku berjalan kearah garase rumah korban serta mengambil sepeda motor scoopy warna putih DK 4871 IX yang sedang diparkir dengan kunci masih nyantol atau tergantung di sepeda motor dan membawa lari kearah jurusan Singaraja.
  2. Pada hari Selasa tanggal 6 Oktober 2015 sekira jam 07.00 wita korban DEWA NYOMAN ADI SIDAN berangkat dari rumahnya di Br. Kembang Merta Desa Candi Kuning Baturiti  Tabanan untuk bekerja namun tiba-tiba ban belakang sepeda motor honda Beat warna putih  DK 8483 GN pecah ban, sehingga dititipkan/diperbaiki di bengkel RIAWAN milik I WAYAN CUMANING,      dan sekira jam 14.00 wita datang pelaku kebengkel RIAWAN yang kebetulan juga membuka warung dan pelaku membeli rokok serta memesan kopi kepada saksi I WAYAN CUMING, selanjutnya saksi pergi kebelakang warung bermaksud untuk mengambil air panas untuk membuat kopi, tiba-tiba pelaku mendekati sepeda motor Honda Beat warna putih DK 8483 GN yang keadaan kunci masih nyantol/ tergantung di sepeda motor, kemudian mengambil sepeda motor honda Beat warna puith DK 8483 GN dan membawa kabur ke arah jurusan Singaraja dan saksi I WAYAN CUMING  yang mendengar suara sepeda kotor hidup berlari kearah bengkel namun pelaku beserta sepeda motor honda beat warna putih DK 8483 GN milik korban DEWA NYOMAN ADI SIDAN sudah hilang/tidak ada ditempat.

Dengan adanya kejadian tersebut diatas kemudian Polres Tabanan membentuk Satgas untuk mengungkap dan menangkap pelaku curanmor, kemudian Satgas melakukan penyelidikan serta berkoordinasi dengan satuan wilayah lain, selanjutnya Satgas mendapatkan informasi bahwa pelaku berasal dari Celukan Bawang namun setelah pencarian sesuai alamat pelaku tidak ada dirumahnya dan diinformasikan berada di wilayah Lumajang- Jawa Timur ( rumah keluarganya) , Satgas bergerak ke Jawa, namun hasilnya nihil.  Dan pada hari Minggu tanggal 8 Nopember 2015 satgas mendapatkan informasi bahwa pelaku berada disekitar wilayah Sumber Kelampok- Buleleng selanjutnya satgas memburu dan bergerak, setelah dilakukan pencarian  maka satgas menemukan pelaku yang sementara berdiri di pinggir jalan menunggu kendaraan untuk pulang/yang mengarah Celukan Bawang , stelah diinterogasi  oleh Satgas pelaku mengaku pencurian kendaraan bermotor  diwilayah Baturiti Tabanan dan berapa barang bukti hasil kejahatan  curanmor disimpan di Celukan Bawang-Gerokgak Buleleng, untuk mengamankan barang bukti hasil kejahatan dilakukan penyitaan, selanjutnya tersangka/pelaku  dan barang bukti dibawa ke Polres Tabanan  untuk proses hukum lebih lanjut,

Hasil pemeriksaan terhadap pelaku/tersangka menerangkan telah melakukan pencurian kendaraan bermotor di 6 (enam) TKP yang berbeda masing-masing sebagai berikut :

a.       Tabanan sebanyak 2 TKP yaitu

1).Garase Rumah I WAYAN SADRA di Br. Candi Kuning Baturiti Tabanan

2).Bengkel RIAWAN di Br. Kembang Merta Candi Kuning Baturiti Tabanan

b.      Denpasar sebanyak 2 TKP yaitu :

1).Pinggir Jalan Depan Terminal Ubung-Denpasar

2).Pinggir jalan sebelum Terminal Ubung-Denpasar

c.       Badung sebanyak 2 TKP yaitu

1).Pinggir jalan wilayah Kuta-Badung

2).Pinggir jalan Depan Terminal Mengwi – Badung

Barang – bukti yang berhasil disita :

  1. Satu unit Sepeda Motor Honda Beat Warna Putih DK 8483 GN
  2. Satu unit Sepeda Motor Beat Warna Hitam DK 5720 UE
  3. Satu unit Sepeda Motor Honda Vario warna Hitam hitam DK 3202 EB

Atas perbuatan pelaku / tersangka  pasal yang dilanggar 363 KUH. Pidana dengan ancaman hukuman 7 (tujuh) tahun.

Facebook Comments