Berita Terbaru

POLISI CILIK MEMBANGUN KARAKTER SEJAK USIA DINI

Polisi cilik adalah salah satu revolusi mental dalam membentuk karakter anak sejak usia dini yang meliputi pembentukan karakter kedisiplinan, karakter kepemimpinan dan karakter etika dan moral dalam membangun perilaku pada generasi muda sehingga kelak anak-anak yang telah didik karakternya sejak usia dini, tidak akan mudah terjerumus kepada sesuatu yang bersifat negatif seperti sebagai pelaku kejahatan, pecandu / pengedar narkoba, pelaku / penyebab bencana dan perilaku negatif lain sebagainya.
      Polisi cilik  merupakan suatu model kepolisian yang diperankan oleh anak-anak SD kelas 3 s/d kelas 6 mereka diajarkan untuk membangun kesadaran disiplin dan tanggungjawab dalam berbagai kegiatan sehari-hari selain itu juga diajarkan nilai luhur kemanusiaan agar kelak anak-anak mampu hidup mandiri namun humanis, peka dan perduli terhadap lingkungan terhadap sesamanya dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk Polcil Polres tabanan diperankan oleh Anak-anak dari SD N 1 Dajan Peken Kec. / Kab. Tabanan sebanyak 25 orang yang dibina oleh Satuan Lantas Polres Tabanan.
      Dengan pembentukan karakter anak melalui kegiatan Polisi cilik Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA, SIK, MHum, MM. berharap dapat menjadi bagian dari solusi sebagai bagian dari kelompok sadar kamtibmas yang selalu dapat membantu polri dalam upaya menciptakan kamtibmas yang kondusif dan mantap.
Materi yang diberikan dalam kegiatan pembinaan Pocil meliputi :
– Pembinaan Ketaqwaan terhadap TYME
– Pembinaan Kedisiplinan
– Pembinaan Kepribadian
– Pembinaan Kepemimpinan
– Pembinaan Etika dan Moral
– Pengetahuan tentang Lalulintas
– Pengetahuan Umum
      Melalui Pembinaan karakter kedisiplinan, karakter kepemimpinan, karakter etika dan moral dengan kemampuan baris-berbaris untuk menanamkan kedisiplinan serta mengembangkan kemampuan intelegensia dan ketaqwaan terhadap TYME polisi cilik diharapkan akan mampu menjadi Duta Kepolisian duta kota dan Duta bagi sekolahnya. semua keterampilan baik fisik maupun intelegensia dan etika ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mereka menjadi anak bangsa dengan karakter yang kuat serta berpengetahuan luas.
     Kapolres Tabanan juga memerintahkan kepada Polsek jajaran Polres Tabanan wajib membentuk Polisi cilik di wilayahnya masing-masing. sebagai bentuk pembinaan kepada anak-anak yang ada di Desa sehingga anak-anak yang ada di Desa dapat memahami kedisiplinan sejak usia dini sebagai modal dalam menjalani kehidupan dalam menyongsong masa depan untuk membangun Bangsa.
Facebook Comments