Berita Terbaru

Pembukaan Pelatihan Fungsi Binmas di Polres Tabanan

Menyikapi perkembangan situasi kamtibmas akhir-akhir ini, Polri diharapkan untuk mampu  menjawab dan melaksanakan  tugas-tugas secara professional, oleh karena itu  Polres Tabanan berupaya meningkatkan kemampuan personel dengan melaksanakan pelatihan fungsi teknis Binmas dengan penyajian materi  yang didukung buku panduan, bahan penyertaan dan kepingan VCD serta materi yang telah didapatkan oleh penyaji / instruktur melalui pelatihan yang telah dilaksanakan di Lemdiklat Polri.

Waka Polres Tabanan Komisaris Polisi LEO MARTIN PASARIBU,SIK,MH atas seijin Kapolres Tabanan yang  didampingi  Kabag Sumda Komisaris Polisi I Nyoman Susila,SH dan Kasat Binmas Ajun Komisaris Polisi I Nengah Darma,SH,  Pada Hari Selasa, 19 Juli 2016 Pukul 09.30 wita  membuka secara resmi pelatihan fungsi teknis Binmas  bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan, diikuti personel Binmas Polres dan Para Bhabinkamtibmas Jajaran Polsek sebanyak 30 personel,    Pada acara pembukaan pelatihan fungsi teknis Binmas dihadiri para Kabag, Kasat,Kasi dan perwirs staf Polres Tabanan.

Pada acara pembukaan ada beberpa hal penting arahan waka Polres yang disampaikan diantaranya :

  • Para peserta pelatihan fungsi teknis Binmas sebanyak 30 orang ini, harus bangga sebagai pengemban fungsi teknis fungsi Binmas, karena seorang bhanbinkamtibmas dapat melaksanakan 5 fungsi Tugas Kepolisian ( Sabhara, Lantas, Reserse,Intel dan Binmas itu sendiri).
  • Pergantian pucuk pimpinan kita yaitu Kapolri  saat sekarang ini  fungsi Binmas menjadi perhatian dan dibagakan, untuk itu saya mengajak dan menghimbau kepada pengemban fungsi Binmas melaksanakan  tugas dan bekerja  dengan baik dan sungguh-sungguh serta bertanggung jawab dan rekan-rekan harus pahami bahwa bhabinkamtibmas  mempunyai program unggulan oleh Kapolres kita  yaitu pembentukan rumah bhabin dan sampai saat ini kita sudah memiliki 10 rumah bhabin,   Saya harapkan program ini disertai dengan administrasi dan pelaporan secara tepat waktu jangan kalah dengan Polres-Polres yang lainnya.
  • Seorang Bhabinkamtibmas harus bisa berbuat  memotivasi masyarakat pada desa binaannya dengan mengaplikasikan diri, berbaur dikalangan masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman,tertib,lancar dan kondusif.
  • Saya harapkan para peserta mengikuti pelatihan ini dengan baik dan sungguh-sungguh dan tanyakan bila kurang paham atau mengerti kepada instruktur sehingga pada nantinya personel Binmas yang telah mengikuti pelatihan ini mampu serta memiliki rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas dilapangan, dimana Polri yang selalu dituntut untuk bertugas sebagai pengayom, pelindung, pelayan dan penegakan hukum kepada masyarakat.

 Landasan penyelenggaraan latihan atau latar belakang pelatihan ini dalam rangka mendukung program reformasi dilingkungan Polri dan program perpolisian masyarakat ( Polmas)  secara optimal perlu adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan personel  yang berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga dapat memenuhi  harapan masyarakat seiring dengan perkembangan situasi  kamtibmas di wilayah hukum Polres Tabanan.

Materi latihan yang diberikan oleh Instruktur meliputi  :

  1. Pembinaan ketertiban masyarakat ( Bintibmas )
  2. Pembinaan keamanan swakarsa ( Binkamswakarsa)
  3. Koordinasi pengawasan dan pembinaan Kepolisian Khusus ( korwas Bin teknis Polsus )
  4. Pembinaan pemolisian masyarakat ( Bin Polmas ).
  5. Dan metode yang digunakan dalam pelatihan  menggunakan :  Metode penayangan modul atau VCD, Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan praktek.

Kegiatan pelatihan fungsi teknis Binmas  berlangsung selama 4 (empat) hari mulai dari tanggal 19 s/d 22 Juli 2016 menggunakan dukungan anggaran Dipa Polres Tabanan tahun 2016 nomor SP Dipa-060.01.2.644690/2016 tanggal 18 Juli 2016.

Kegiatan berlangsung aman dan tertib.

Facebook Comments