Berita Terbaru

Launching Situs lantastabanan.net

Trobosan Kreatif Polres Tabanan dalam rangka memperbaiki dan  meningkatkan mutu  pelayanan kepada masyarakat seiring dengan perkembangan ilmu penetahuan dan teknologi,  yang juga membawa dampak terhadap  tuntutan  masyarakat yaitu tuntutan  pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara Negara  semakin berkwalitas, dimana tren pelayanan saat ini adalah mengurangi kontak langsung antara petugas pelayanan dengan masyarakat,  Pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2016 pukul 08.00 wita bertempat di Lapangan Apel Polres Tabanan telah diresmikan /  dilaksanakan launching pendaftaran SIM Online, Samsat Online dan pelaporan Quick response.

Launching ini dilaksanakan dengan maksud memberikan pelayanan yang terbaik ( prima ) kepada masyarakat yang berbasis teknologi informasi, pelayanan Kepolisian berbasis IT yang merupakan konsep pelayanan di Era Globalisai  dengan prinsip sederhana, jelas, murah dan cepat serta tanpa mengurangi factor keamanan.    Launching pendaftaran Sim Online, Samsat Online dan pelaporan quick response  diresmikan dan siap untuk dioprasionalkan oleh Bapak Wakapolda Bali  Brigjen Polisi Drs. I NYOMAN SRYASTA,    Kegiatan launching dihadiri  Para Pejabat Utama POlda Bali, Bupati Tabanan yang diwakili Sekda Tabanan Bapak Ir. Wirna Ariwangsa, Dandim 1619 Tabanan, Kepala Kejaksaan Negri Tabanan, Ketua Pengadilan Negeri Tabanan,  Para Waka Polres Jajaran Polda Bali, perwakilan Jasa Raharja Tabanan,  Kadis Dikpora Tabanan, Kadis Hub Kominfo Tabanan, Kalapas Klas II B Tabanan,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,  Club motor Tabanan, Persatuan Wartawan Tabanan ( Pewarta ), Para Kabag, Kasat,Kasi, Kapolsek dan perwira Jajaran Polres Tabanan serta segenap undangan lainnya.

Adapun rangkaian susunan kegiatan launching sebagai berikut :

  1. Bapak Wakapolda Bali tiba di Mako Polres Tabanan.
  2. Bapak Wakapolda Bali menerima laporan dari KapolresTabanan.
  3. Bapak Wakapolda Bali menuju Ruangan kerja Kapolres Tabanan yang disambut FKPD Kabupaten Tabanan.
  4. Bapak Wakapolda Bali menuju tempat acara di Halaman Mapolres Tabanan.
  5. Pembacaan doa.
  6. Kata pengantar / Sambutan Bapak Kapolres Tabanan.
  7. Paparan singkat ketua pelaksana program dan simulasi video.
  8. Sambutan Bupati Tabanan yang diwakili Sekda Tabanan dilanjutkan  dengan penyematan atribut/rompi kepada perwakilan club motor.
  9. Sambutan Bapak Wakapolda Bali dilanjutkan dengan pemasangan selempang, kemudian pelepasan balon.
  10. Poto bersama.
  11. Pelepasan konvoi safety riding oleh Bapak Wakapolda Bali yang didampingi Forum Komunikasi Pemerintah daerah Tabanan.

Pada kegiatan launching para pejabat  memberikan sambutan-sambutan sebagai berikut :

Sambutan yang pertama dari Bapak Kapolres Tabanan Ajun Komisaris Besar Polisi MARSDIANTO, S.H., S.I.K,  yang pada intinya menyampaikan :

  • Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala limpahan rahmat dan karunianya yang telah memberikan kekuatan dan kesempatan kepada kita sekalian sehingga saat ini kita dapat hadir dalam rangka melaksanakan kegiatan lounching pendaftaran sim baru/perpanjangan online, pendaftaran samsat online dan quick response online.
  • Terimakasih kami haturkan kepada bapak Wakapolda Bali , Bapak Irwasda Polda Bali dan pejabat utama Polda Bali serta undangan lainnya yang telah berkenan hadir dalam kegiatan launching yang akan kita selenggarakan. Dimana kegiatan ini merupakan salah satu visi dan misi program 100 hari kapolri yaitu melakukan modernisasi dalam layanan public yang didukung teknologi sehingga semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat khususnya pada program ke-2 peningkatan pelayanan public yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis IT.
  • Sejalan dengan program promoter berbasis teknologi informasi (it),satuan lalu lintas Polres Tabanan melaksanakan upaya-upaya yang bersifat inovatif dan konstruktif dalam mengaktualisasikan pelaksanaan program tersebut secara komperhensif dan terpadu sehingga pelayanan public dapat diakses dengan mudah dan cepat.
  • Terobosan public yang dilakukan oleh satuan lalu lintas polres tabanan dalam meningkatkan pelayanan public yang mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi dengan membuat situs berbasis aplikasi lantastabanan.net  yang berisi : Registrasi sim, Registrasi samsat, Lapor cepat ( quik respon),  Upaya yang kami lakukan tersebut bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih baik lagi.

Sambutan yang kedua  dari Bupati Tabanan diwakili Sekda Tabanan Bapak Ir. Wirna Ariwangsa pada intinya menyampaikan, Saya minta maaf semestinya Bupati Tabanan yang menghadiri acara ini namun karena ada tugas-tugas penting yang tidak bisa ditinggalkan maka dari itu saya  yang mewakili kegiatan launching ini,  saya sangat mengapresiasi  atas program pelayanan kepada masyarakat yang berbasis  IT seriiring dengan perkembangan teknologi saat ini,  pelayanan yang prima kepada masyarakat melalui system online ini sangat baik dimana masyarakat sangat diberikan kemudahan, sederhana, cepat dan murah serta tidak lagi muncul kata berbelit-belit, saya harapkan semua intansi di Kabupaten Tabanan ini bisa memberikan pelayanan secara online.Kemudian pada hari ini kami lanjutkan dengan program yang berbasis it diantaranya pendaftaran sim baru / perpanjangan online, pendaftaran samsat online dan quick response online. Yang akan disimulasikan oleh kasat lantas, dan selanjutnya kami mohon kiranya bapak kapolda bali berkenan untuk melaunching program dimaksud.

Sambutan yang ketiga dari Bapak Wakapolda Bali, yang membacakan sambutan dari Kapolda Bali sebagai berikut :

  • Sebagai insan hamba tuhan, saya mengajak kita semua untuk senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat allah swt, Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas segala limpahan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam acara launching sim online, samsat online dan quick response online dalam suasana yang penuh hikmad.
  • Kompetensi pelayanan prima yang diberikan oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat selain dapat dilihat dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik juga pada peraturan pemerintah RI nomor 96 tahun 2012 tentang pelaksanaan uu nomor 25 tahun 2009  tentang pelayanan publik. Masyarakat selama ini memiliki persepsi bahwa pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah cenderung kurang berkualitas. Salah satu keluhan yang sering terdengar adalah pelayanan yang berbelit-belit akibat birokrasi yang kaku, selain itu juga terdapat perilaku oknum aparat yang sering kurang bersahabat. Kondisi ini juga menimbulkan potensi adanya pungutan-pungutan dana diluar dari ketentuan yang ada.
  • Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang juga membawa dampak terhadap tuntutan masyarakat yaitu tuntutan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara negara semakin berkualitas, dimana tren pelayanan saat ini adalah mengurangi kontak langsung antara petugas pelayanan dengan masyarakat yang dilayani
  • Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Polda Bali, senantiasa berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pelayanan guna memberikan yang terbaik bagi masyarakat, dengan melakukan inovasi dan modernisasi pelayanan berbasis teknologi informasi. Pelayanan kepolisian berbasis it merupakan konsep pelayanan di era globalisasi dengan prinsip sederhana, jelas, murah dan cepat serta tanpa mengurangi faktor keamanan.
  • Hal ini mengacu kepada program prioritas kapolri yang dikenal dengan program promoter (profesional, modern dan terpercaya) pada program kedua yaitu peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi
  • Seperti yang telah disampaikan oleh kapolres dan kasat lantas tabanan sebelumnya, saat ini polres tabanan telah melakukan modernisasi dalam pelayanan publik yang didukung oleh tehnologi informasi, sehingga persyaratan administrasi akan semakin mudah dan cepat diakses oleh masyarakat melalui program pendaftaran sim online, samsat online dan pelaporan quick response online
  • Hal ini merupakan salah satu bentuk terobosan kreatif dan inovatif dari polri dalam hal ini polres tabanan yang diharapkan akan memberi jawaban kepada masyarakat bahwa jajaran polda bali senantiasa dan bersungguh-sungguh untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam aspek pelayanan
  • Produk layanan pendaftaran sim online, samsat online dan pelaporan quick response online, dapat memberikan layanan yang sangat efisien dari segi waktu, jarak  dan biaya, dimana dapat diakses melalui riminal maupun smartphone,  tanpa harus datang mendaftar bahkan bisa menentukan sendiri  jadwal kedatangannya melakukan registrasi ulang dan melaksanakan ujian teori avis serta ujian praktek
  • Demikian pula halnya fasilitas pelaporan quick response online ini, dapat diakses melalui browser dan bisa diakses menggunakan smartphone sehingga masyarakat dapat melaporkan kejadian yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal dengan mengakses situs berbasis aplikasi “lantastabanan.net” yang didalamnya terdapat beberapa konten meliputi kecelakaan, kemacetan dan riminal secara online sehingga kejadian tersebut dapat direspon dengan cepat oleh petugas tmc polres tabanan
  • Saya selaku pimpinan polda bali merasa bangga dan mengapresiasi inovasi dan terobosan kreatif dari polres tabanan, dimana telah memiliki gagasan yang konstruktif dan mampu memadukan dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam peningkatan kinerja satuan lalu lintas dengan menggandeng para pemangku kepentingan untuk dapat menghasilkan layanan-layanan tugas yang diharapkan masyarakat selama ini
  • Apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya juga saya sampaikan kepada pemerintah daerah dan pihak-pihak yang telah bekerja sama dan berkontribusi aktif, sehingga program ini dapat terwujud. Oleh karena itu sistem yang telah dibangun ini hendaknya terus dipertahankan dan dikembangkan, bahkan kalau bisa terkoneksi dengan sistem pelayanan instansi terkait maupun pemerintah daerah kabupaten tabanan
  • Saya juga berharap inovasi ini dapat dicontoh oleh polres-polres lain dijajaran polda bali. Jangan malu untuk mencontoh hal yang baik, jangan sungkan untuk belajar kearah yang lebih baik dengan prinsip atm atau amati, tiru dan modifikasi
  • Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya juga  menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah daerah dan tni yang telah bahu membahu secara bersama-sama dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di kabupaten tabanan ini, semoga kondisi ini dapat kita pertahankan dan tingkatkan untuk kepentingan kita semua, dalam rangka meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat bali.

Selesai acara sambutan-sambutan kemudian dilanjutkan dengan pemasangan selempang, pemasangan rompi, helm, poto bersama dan diakhiri dengan pelepasan konvoi safety riding oleh Bapak Wakapolda Bali yang didampingi Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan, yang dilepas di Depan Mako Polres Tabanan, selanjutnya keliling Kota Tabanan.    Kegiatan hingga berakhir berlangsung dengan aman dan tertib.

Facebook Comments