Berita Terbaru

Kapolres Tabanan Lantik PKS dan Pocil Sekabupaten Tabanan

pks-sekabupaten-tabanan-pertunjukkan-gerakan-pengaturan-berlalulintas peragaan-pocil-polsek-baturiti-tabanan launching-lagu-pelopor-keselamatan-berlalulintas kapolres-tabanan-berikan-piagam-pengharaan-pemenang-pocil-kapolres-cup-i-2016 gerakan-pelopor-keselamatan-berlalulintasPolri sebagai pengemban fungsi Keamanan dalam negeri yang memiliki tugas pokok sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayanan Masyarakat serta penegakkan Hukum tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dari berbagai pihak termasuk masyarakat itu sendiri. Untuk membentuk sinergitas kemitraan, bekerjasama dalam memelihara Kamtibmas berbagai upaya yang telah dilaksanakan Polri diantaranya dengan membentuk serta melatih pengamanan Swakarsa serta pendidikan kemandirian  dan kedisiplinan sejak usia dini yang terbentuk dalam wujud pembentukan perpanjangan tangan Polri yaitu Saka Bhayangkara, Patroli Keamanan Sekolah dan Polisi Cilik.

Terkait dengan hal tersebut Hari Jumat tanggal 22 Januari 2015 pukul 08.00 Wita bertempat di Lapangan Alit Saputra Dangin carik Tabanan Kapolres Tabanan AKBP Putu Putera Sadana, SIK, MHum, MM secara langsung melantik Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SMA, SMK dan SMP yang berjumlah 1500 orang terdiri dari 798 Putra, 702 Putri dari 37 sekolah serta Polisi Cilik (Pocil) masing-masing Polsek Jajaran Polres Tabanan yang berjumlah kurang lebih 25 orang perpletonnya.

Hadir dalam kegiatan ini Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada, SH, MH, Waka Polres Tabanan Kompol Leo Martin Pasaribu, SIK, MH, Kajari Tabanan Atang Bawono, SH, MH, Kasubdit Dikyasa Direktorat Lalulintas Polda Bali AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, SIK, MT, Perwakilan dari Kodim 1619 Tabanan Lettu Inf. Wongso, SH, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Pemudan dan Olah Raga Tabanan, penglingsir Puri Gede Tabanan, Penglingsir Puri Anyar Kerambitan, Para Kepala Sekolah, Guru Pembina PKS dan Pembina Pocil sekabupaten Tabanan, Pejabat Utama dan Kapolsek jajaran Polres Tabanan serta Bhayangkari Cabang Tabanan. Selaku Perwira Upacara dalam Upacara Pelantikan ini Kasat Lantas Polres Tabanan AKP I Wayan Sudita, SH dan selaku Komandan Upacara Iptu I Wayan Nurdika.

Dalam Upacara Pelantikan PKS dan Pocil sekabupaten ini menghadirkan anggota PKS dari beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Tabanan termasuk Polisi Cilik sekabupaten Tabanan yang telah mengikuti perlombaan Polisi Cilik Sekabupaten Tabanan dalam rangka memperebutkan Piala Kapolres Cup pada tanggal 14 Januari 2015 lalu. Kapolres Tabanan Selaku Inspektur Upacara dalam upacara pelantikan ini dalam amanatnya menyampaikan diantaranya :

  • Pelaksanaan pembinaan dan pelatihan PKS serta Pocil ini merupakan salah satu wujud bentuk kerjasama antara Polres Tabanan dengan Disdikpora Tabanan yang sudah berjalan cukup baik dalam rangka membangun karakter bangsa sejak usia dini, membina dan mempersiapkan kader-kader bangsa serta menciptakan situasi aman disekolah sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lancar.
  • Generasi muda atau remaja adalah harapan masadepan bangsa karena itu kepedulian kita dalam membina generasi muda perlu kita tunjukkan dan arahkan dengan memberikan banyak kegiatan yang positif.
  • Guna menambah wawasan dan pengetahuan mereka seperti kegiatan kepramukaan, beladiri, PKS, Olah Raga dan lain sebagainya yang bisa menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik sehingga akan sangat membantu dalam meraih cita-citanya untuk melanjutkan pembangunan bangsa menuju cita-cita nasional.
  • Pemerintah sangat peduli terhadap nasib anak bangsa yang merupakan modal dan harapan bangsa oleh karena itu mari bersama-sama berperang terhadap penyalahgunaan Narkoba karena akibatnya telah cukup banyak korban baik hatra maupun jiwa dikalangan generasi muda.
  • pelantikan PKS dan Pocil yang telah melalui proses pembinaan san latihan d isekolahnya masing-masing oleh pembina yang telah ditunjuk serta telah dilakukan evaluasi oleh team pembina Polres Tabanan dimana pembinaannya masih dianggap belum cukup oleh karena itu masing-masing individu PKS dan Pocil dibawah bimbingan guru pembina seniornya dan juga anggota Polri di wilayah untuk terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dan diharapkan mampu menjadi contoh dibidang kamtibmas disekolahnya masing-masing sehingga proses kegiatan belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik dengan situasi sekolah yang aman.
  • Diinformasikan pula kepada seluruh hadirin bahwa kecelakaan lalulintas di Wilayah Hukum Polres Tabanan terhitung Januari 2015 sampai dengan Desember 2015 mencapai 122 kasus, 54 orang korbannya meninggal dunia, 10 luka berat, 143 luka ringan dengan kerugiaan materiil mencapai Rp. 319.450.000 dengan sebagian besar korban laka lantas adalah kalangan remaja. Untuk itu diingatkan kepada hadirin khususnya bila mengendarai kendaraan bermotor dilajan raya untuk berhati-hati serta patuhi aturan berlalulintas agar tidak menjadi korabn laka lantas serta melengkapi diri dan kendaraannya dengan persyaratan yang telah ditentukan.
  • Dalam kesempatan ini diucapkan terimakasih kepada Disdikpora Tabanan , Kepala Sekolah dan Guru pembina PKS dan Pocil serta para perwira dan bintara yang ditunjuk selaku pembina dan pelatih / team evaluasi atas terselenggaranya kegiatan ini mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penutupan dan pelantikan pada hari ini, dengan harapan kerjasama yang baik ini dikemudian hari dapat kita tingkatkan lagi guna bersama-sama memersiapkan generasi muda / remaja sebagai sumber daya manusia yang handal dimasa mendatang.

Selesai Upacara pelantikan anggota PKS yang mengikuti Upacara mempertunjukan formasi 12 Gerakan pengaturan berlalulintas secara kolosal. Kegiatan ini juga diisi dengan pemberian hadiah, Piala serta Piagam penghargaan bagi Pocil yang
memenangkan perlombaan Pocil memperebutkan Piala Kapolres Tabanan CUP 2016 diamana sebagai
Juara I Pocil dari Polsek Baturiti, Juara II Pocil dari Polsek Penebel dan Juara III Pocil Polres Tabanan.
Dilaksanakan juga Launching Lagu Pelopor Keselamatan Berlalulintas yang ditandai dengan pelepasan balon olah Kapolres Tabanan bersama para Undangan dan Gerakan Pelopor Keselamatan Berlalulintas oleh Pocil Anjelica bersama Para Polwan Polres Tabanan.
Diakhir kegiatan diisi dengan pertunjukkan kebolehan dari adik-adik Polisi Cilik yang telah memenangkan Perlombaan Polisi Cilik Kapolres Tabanan Cup I 2016 yang memperagakan gerakan peraturan baris berbaris, Variasi gerakan baris berbaris, 12 Gerakan Pengaturan lalulintas serta senam lantas. Acara Hiburan ini juga diisi dengan Drum Band dar anak-anak TK Kemala Bhayangkari 3 Tabanan, Drum Band dari Anak-anak SDBintang Persada Tabanan dan Lagu Yang dibawakan oleh nak-anak SD 1 Baturiti Tabanan.Kapolres Tabanan beserta undangan yang hadir berdecah kagum dengan atraksi mereka yang masih lugu namun dengan gerakan yang semangat sebagi bentuk kedisiplinan dan sontak Kapolres Tabanan serta undangan yang hadir ikut menari bersenda gurau dengan anak-anak Pocil. Kegiatan Pelantikan PKS dan Pocil sekabupaten Tabanan berakhir pada pukul 11.00 Wita berjalan dengan tertib serta lancar.

Facebook Comments