Berita Terbaru

Bidkum Polda Bali Penyuluhan di Polres Tabanan

Berdasarkan  surat  perintah Kapolda Bali nomor : Sprin / 1048 / V / 2016, tanggal 30 Mei  2016, dalam rangka pelaksanaan penyuluhan Hukum Perkap nomor 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian dan penerapan Diversi bagi anak yang berhadapan dengan Hukum oleh Penyidik Polri.

Berkaitan dengan tersebut diatas, pada hari Selasa  tanggal  7 Juni  2016 jam 09.00 wita – 12.00 wita, bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan, Tim penyuluh Hukum dari Bid Kum Polda  Bali melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi Hukum di Polres Tabanan.

Atas seijin Kapolres Tabanan karena Kapolres sedang melaksanakan kegiatan diluar Kesatuan, Kabag Ops Polres Tabanan I GEDE PUTU PUTRA ASTAWA, S.H. mewakili dan menyambut kedatangang tim penyuluh Hukum dari Bid Kum Polda Bali di Polres Tabanan, selanjutnya Kabag Ops mengarahkan Tim Bidkum dari Polda Bali  menuju tempat kegiatan penyuluhan Hukum di Aula Wisnu Hartono.

Adapun tim penyuluh dari Bid Kum Polda  Bali yang melaksanakan giat di Polres Tabanan adalah :

  1. AKBP A.A WIRAHATININGSIH, S.H. MH jabatan Kasubbidsunluhkum ( Ketua Tim ).
  2. KOMPOL I WAYAN SEDENG, S.H jabatan Kaurkermalem ( anggota ).
  3. PEMBINA AGUS WIRAWAN, S.H. jabatan kaursunkum ( anggota ).

PELAKSANAAN KEGIATAN :

Kegiatan penyuluhan Hukum dari Tim Bid Kum Polda Bali di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan diikuti oleh Para Penyidik Sat Reskrim, Sat Narkoba, Sat Lantas, Sat Pol Air, perwakilan Perwira dan Brigadir Polri dari masing-masing Bag, Sat dan Si Polres Tabanan, perwakilan Perwira  dan Brigadir Polri dari masing-masing anggota Polsek jajaran Polres Tabanan dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sesuai absen sebanyak 89 personel.

  1. Acara dimulai dan dibuka atas seijin Kapolres Tabanan oleh Kabag Ops Polres Tabanan KOMPOL I GEDE PUTU PUTRA ASTAWA, S.H. menyampaikan kata pengantar diantaranya sbb :
  • ucapan selamat datang kepada Tim Penyuluh dari Bidkum Polda Bali di Polres Tabanan dalam rangka Penyuluhan Hukum Perkap nomor 1 tahun 2009 tentang penggunaan Kekuatan dalam tindakan Kepolisian dan penerapan Diversi bagi anak yang berhadapan dengan hukum oleh Penyidik Polri.
  • kegiatan Penyuluhan seperti ini tentu sangat bermanfaat bagi para Penyidik dan anggota Polres Tabanan, paling tidak dapat menambah wawasan dan pengetahuan didalam melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan perkembangan situasi yang semakin cangggih dan semakin komplek.
  • kepada para peserta yang mengikuti kegiatan, supaya mengikuti dengan sungguh-sungguh sampai kegiatan ini selesai, gunakan kesempatan ini untuk menggali Ilmu dengan harapan dapat dimengerti, dipahami dan pada akhirnya dapat diaplikasikan  dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan peran dan fungsinya.
  • Bila ada yang perlu ditanyakan supaya di tanyakan, sehingga nantinya tidak ada keraguan dalam bertindak apabila menghadapi permasalahan tindakan hukum di setiap penugasan dilapangan.

 

  1. Penyajian Materi Penyuluhan oleh Tim Penyuluh :
  2. Dari Ketua Tim Penyuluh Bid Kum Polda Bali AKBP A.A WIRAHATININGSIH, S.H. MH, mengawali dengan menyampaikan Puji syukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa kerana berkat rahmatnya kegiatan ini bisa terlaksana di Polres Tabanan, selanjutnya menyampaikan materi penyuluhan secara umum diantaranya sbb :

1).  kegiatan Penyuluhan seperti ini sipatnya untuk mengingat kembali ( penyegaran ), kami dari Bid Kum Polda Bali tidak bosan-bosanya akan selalu pengingatkan terkait dengan tindakan Kepolisian agar sesuai dengan prosedur ( SOP).

2).  jangan sampai terulang seperti kejadian wilayah Kuta Utara, dipihak kita ( Polri ) malah sampai menjadi korban oleh pelaku kejahatan yang nyata-nyata melawan hukum,

3).  masalah ini selalu saya wanti-wanti, dalam tindakan hukum supaya diperhitungkan dengan cermat Penggunaan kekuatan harus sesuai dengan tingkat ancaman dan harus seimbang dan meminimalkan resiko luka / korban baik di pihak kita maupun masyarakat, resiko kerusakan harta benda, dan lingkungan / alam. ( setiap penugasan pedomani peraturan Kapolri nomor 1 tahun 2009 )

4).  demikian juga halnya dengan tindakan Kepolisian yang terkait dengan Penyidikan terhadap anak, pahami betul per undang-undanganya ( UU RI no. 11 Thn  2012  ttg. Sistem Peradilan Pidana Anak ) disana juga diatur Diversi = pengalihan penyelesaian perkara Anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana.

  1. Penyajian materi oleh KOMPOL I WAYAN SEDENG, S.H, prihal Peraturan Kapolri nomir 1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan Kepolisian dan Undang – Undang nomor 27 tahun 1999 tentang perubahan Kitan Undang-Undang Hukum Pidana yang berkaitan dengan kejahatan terhadap keamanan Negara.
  2. Penyajian materi oleh PEMBINA AGUS WIRAWAN, S.H. terkait dengan Undang-Undang 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan Anak, dan Praperadilan.

Pelaksanaan kegiatan Penyuluhan cukup menarik bagi peserta karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan terbukti dari awal sampai selesai semua mengukuti dengan baik dan tidak ada anggota yang kerluar ruangan, kegiatan berjalan aman tertib, selesai kegiatan tim penyuluh dari Bidkum Polda Bali meninggalkan Polres Tabanan.

Facebook Comments