Berita Terbaru

Awal Tahun 2016 Polres Tabanan Tirtayatra ke Nusa Penida

Pada hari Sabtu tanggal 2 Januari 2016 Kapolres Tabanan AKBP Putu Putera Sadana, SIK, MHum, MM beserta Keluarga dan Para Pejabat Utama Polres Tabanan serta perwakilan anggota Polres Tabanan beserta Keluarga melaksanakan kegiatan Tirtayatra ke Pura-Pura yang ada di Pulau Nusa Penida yang merupakan teritorial dari Kabupaten Klungkung, Bali. Rombongan berangkat dari Polres Tabanan pada pukul 06.00 Wita dan tiba Pantai Sanur pada Pukul 07.00 Wita Persiapan Pemberangkatan ke Nusa Penida. Mengingat Menuju Nusa Penida harus Melewati Perjalanan Laut serta Rombongan yang cukup banyak mencapai 60 orang, Rombongan Tirtayatra menggunakan Transportasi berupa Speed Boat yaitu Lembongan Speed Boat. Rombongan Tirtayatra berangkat dari Pantai Sanur pada pukul 07.30 Wita dan sampai di Nusa Penida pada pukul 08.15 Wita.

Setibanya rombongan Tirtayatra Polres Tabanan di Dermaga Rakyat Nusa Penida langsung disambut oleh Kapolsek Nusa Penida Kompol I Gede Arianta beserta anggota dan langsung melanjutkan kegiatan Persembahyangan. Pura Pertama yang dituju yaitu Pura Khayangan Jagat Goa Giri Putri. Rombongan tiba di Pura Khayangan Jagat Goa Giri Putri pada pukul 09.00 wita. Di Pura Khayangan Jagat Goa Giri Putri Rombongan Tirtayatra Polres Tabanan melaksanakan Persembahyangan sebanyak 6 kali diantaranya :

  • Pertama melaksanakan Persembahyangan di Linggih / Tempat Ida HyangTri Purusa dan Gana Pati
  • Kemudian memasuki Mulut Goa menuju persembahyangan Kedua di Pura Pelinggihan Ida Hyang Wisnu dan Naga Basuki / Wasuki. Pada Persembahyangan ini Jero Mangku memberikan wejangan-wejangan terkait dengan sejarah Pura dan siapa saja yang berstana di areal Pura Goa Giri Putri serta memberikan beberapa penyampaian Nilai Moral yang terkandung selama perjalanan Persembahyangan. Persembahyangan Kedua ini juga dilaksanakan kegiatan Sungkeman di Lingga Yoni Pelinggihan Ida Hyang Siwa dan Dewi Parwati sebagai wujud permohonan Maaf kepada alam semesta beserta isinya atas segala perbuatan yang pernah diperbuat dan mohon doa restu dalam menjalani kehidupan
  • Ketiga Melaksanakan persembahyangan dan melukat di Pelinggihan Ida Hyang Dewi Gangga untuk membersihkan segala Kotoran serta Penyakit dalam Tubuh baik itu Skala maupun Niskala.
  • Keempat melaksanakan Persembahyangan di Pelinggihan Ida Hyang Giri Pati
  • Kelima Persembahyangan di Pelinggihan Ida Hyang Ratu Niang Sakti  / Ida Hyang Giri Putri dan tempat Payogan Ida
  • Keenam melaksanakan persembahyangan di Pelinggihan Ida Hyang Siwa Amerta, Ida Hyang Rambut Sedana Melanting, Ratu Syahbandar, Dewi Kwan Im, Dewa Langit dan Dewa Bumi yang merupakan penjaga dari Areal Pura Goa Giri Putri memohon keselamatan, Kesehatan dan kesejahteraan lahir batin serta ucapan terimakasih atas karunia yang diberikan selama ini.

Kegiatan Persembahyangan di Pura Khayangan Jagat Goa Giri Putri berakhir pada pukul 13.00 Wita dilanjutkan persembahyangan di Pura Dalem Ped. Rombongan Tirtayatra Polres Tabanan tiba di Pura Dalem Ped pada pukul 14.00 Wita. Rombongan langsung melaksanakan santap siang bersama di Wantilan Pura Dalem Ped.

Selesai melaksanakan Santap siang bersama rombongan kembali melaksanakan persembahyangan di Pura Dalem Ped dimana rombongan melaksanakan persembahyangan sebanyak 4 Kali diantaranya :

  • Persembahyangan di Pura Segara Dalem Ped.
  • Persembahyangan di Pura Taman Dalem Ped
  • Persembahyangan di Pura Ratu Gede Dalem Ped
  • Persembahyangan di Pura Utama Penataran Agung Dalem Ped

Pada pukul 15.45 Wita rombongan Polres Tabanan selesai melaksanakan persembahyangan dan langsung menuju Pelabuhan rakyat menaiki Speed Boat untuk kembali ke Polres Tabanan.

Adapun tujuan dari kegiatan persembahyangan ini sebagai ucapan rasa Syukur atas kelancaran pelaksanaan tugas selama tahun 2015 dan mohon doa restu untuk menyongsong tahun baru 2016 dan untuk memohon agar seluruh personil Polres Tabanan sebagai abdi Negara dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta penegakan Hukum diberikan keselamatan, kesehatan serta kesejahteraan sehingga seluruh anggota Khususnya Polres Tabanan dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu persembahyangan ini juga bertujuan memohon kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Bali khususnya di kabupaten Tabanan karena dengan masyarakat yang sehat dan sejahtera dapat meminimalisir terjadinya kesenjangan sosial yang akan berdampak pada keamanan dan ketertiban masyarakat.

Facebook Comments