Berita Terbaru

Apel Kesiapan Pengamaan Kunjungan Wakil Presiden RI ke Wilayah Baturiti

Dalam rangka kunjungan kerja Wakil Presiden RI  Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla di wilayah Bedugul Kec. Baturiri, Kab. Tabanan, pada hari Rabu tanggal 4 Mei 2015 jam 08.30 wita bertempat di lapangan Apel Mapolres Tabanan , Polres Tabanan melaksanakan Apel kesiapan pengamanan. Bertindak sebagai Pimpinan Apel,  Waka Polres Tabanan KOMPOL LEO MATIN PASARIBU, SIK, M.H. Peserta Apel Satu peleton Perwira ( Para Kabag, para Kasatfung dan Perwira staf Polres Tabanan ) Satu peleton gabungan anggota staf Polres Tabanan, Satu peleton Sat Reskrim, Satu peleton Sat Intel, Satu peleton gabungan Sat Narkoba dan sat Tahti, Satu peleton Anggota Sat Lantas, Tiga peleton gabungan anggota Polsek jajaran.

Pada kesempatan Apel Waka Polres Tabanan KOMPOL LEO MATIN PASARIBU, SIK, M.H. selaku Pimpinan Apel memberikan APP dan penekanan yang terkait dengan kesiapan petugas pam secara umum diantaranya :

  • Pada hari ini kita laksanakan Apel dalam rangka kesiapan kita mengamankan kunjungan kerja RI II ke wilayah Bedugul  Kec. Baturiti, dengan maksud untuk mengecek dan mengetahui  kesiapan personel yang dilibatkan pengamanan, kesiapan peralatan yang akan gunakan mendukung giat pengamanan ( misalnya kesiapan Ranmor Dinas, Alkom, dan pendukung lainnya)
  • Untuk diketahui, petugas yang terlibat pengamanan kunjungan kerja RI II ke wilayah Bedugul Baturiti, baik petugas Pam  dari Polda maupun dari Polres Tabanan,  pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2016 jam 09.00 wita akan melaksanakan Apel Gelar Pasukan bersama di Lapangan Umum Kec. Baturiti.
  • Terkait pengamanan Polres Tabanan telah menerbitkan Sprin,  jumlah kekuatan yang terseprin 421 personel,  mulai dari pengamanan Jalur di setiap penggal jalan, sampai pengamanan di Area yg menjadi obyek kunjungan, terbagi menjadi  58 titik pengamanan yang dikendalikan oleh 7 Perwira pengendali.
  • Dalam pelaksanaan tugas Pam masing-masing personel agar memahami betul bagaimana cara bertikdaknya, kuasai  situasi di sekitar titik penugasan, untuk lebih jelasnya supaya masing-masing Padal memberi APP sebelum penugasan dimulai, disamping itu padal supaya mencatat nomor HP anggotanya untuk memudahkan kemunikasi, tehnik penugasan dan penempatan personel akan di APP oleh Kabag Ops.

Kabag Ops Polres Tabanan KOMPOL I GEDE PUTU PUTRA ASTAWA, S.H. selaku Kasat Gas Pam Wil menyampaikan APP yang terkait dengan Plolting penempatan personel dan teknis giat pengamanan diantaranya :

  • Penempatan personel dalam giat pengamanan kunjungan kerja RI II ke Bedugul Baturiti, mulai dari pengamanan jalur sampai dengan pengamanan di Area yang menjadi obyek kunjungan, ploting penugasan agar lihat dipapan pengumuman, di titik yang mana, bersama siapa dan jam berapa.
  • Yang perlu diperhatikan untuk masing – masing personel adalah : kelengkapan perorangan, mulai dari  Pluit, lampu senter, rompi dan jas hujan untuk antisipasi bila cuaca hujan.
  • Cara betindak agar menyesuaikan dengan situasi pada saat itu, misalnya bila melakukan pengaturan cara membunyikan Pluit harus tegas dan jelas, sehingga tidak ada keraguan pada obyek yang diatur, kemudian situasi sebelum rombongan melintas,  pastikan tidak ada kendaraan yang parkir  di tepi jalan agar tidak mengganngu, dan saat rombongan melintas pastikan disitu aman (artinya kita selalu waspada dan siap).
  • Pada tanggal 5 Mei 2016 jam 08.00 wita, semua personel yang telah terploting supaya sudah menempati Posnya masing-masing, penempatan masing-masing personel akan di cek / dilihat langsung oleh Kapolres, setelah Kapolres melintas, personel silahkan mengikuti dan berkumpul di lapangan Baturiti, tepat jam 09.00 wita,  akan dilaksanakan gelar Pasukan bersama  bergabung dengan petugas Pam dari Polda Bali.

Apel kesiapan pengamanan Kunjungan Wakil Presiden RI berjalan aman dan lancar.

Facebook Comments