Berita Terbaru

Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pilkada Tabanan Tahun 2015

Polres Tabanan mengelar apel kesiapan pergesaran pasukan ke TPS Operasi Mantap Praja Tabanan tahun 2015 dalam rangka pengamanan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan tahun 2015 yang dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 7 Desember 2015 pukul 10.00 wita bertempat di Lapangan Alit Saputra Tabanan.

Bertindak selaku Pimpinan Apel Kapolres Tabanan AKBP PUTU PUTERA SADANA,SIK,MHum,MM, Perwira Apel Kabag Sumda Komisaris Polisi I NYOMAN SUSILA,SH, Komandan Apel Kasat Sabhara Ajun Komisaris Polisi I GUSTI PUTU SUDARA, SH.
hadir dalam apel kesiapan pergeseran pasukan Penjabat Bupati Tabanan I Wayan Sugiada,SH,MH, Kajari Tabanan Atang Bawono,SH,MH, Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Choiril Anwar, S.Sos, perwakilan dari Pengadilan Negeri Tabanan, Ketua Komisi Pemilihan Umum Luh Darayoni,SH, Ketua Panwaslu yang diwakili oleh I Gusti Manuaba, Kasatpol PP Kabupaten Tabanan, Kadis Perhubungan Kabupaten Tabanan, perwakilan dari Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Tabanan, Waka Polres Tabanan Komisaris Polisi Leo Martin Pasaribu,SIK,MH, Para  Kabag,Kapolsek,Kasat,Kasi dan perwira staf Polres Tabanan.

Perlibatan Personil dalam kegiatan Apel ini dari Polres Tabanan sebanyak 493 orang, BKO Polres Buleleng sebanyak 292 orang yang akan melaksanakan pengamanan Pungut Hitung Suara dan Pengamanan TPS. Untuk Penyekatan Wilayah menurunkan BKO Dalmas Polda Bali sebanyak 30 orang, BKO Brimob Polda Bali sebanyak 60 Orang dan BKO Dalmas Polres Buleleng  sebanyak 41 Orang.

Beberapa penekanan yang disampaikan Kapolres Tabanan dalam kegiatan Apel gelar dan pergeseran pasukan ini pada intinya :

  1. Apel kesiapan pergeseran pasukan pengamanan pemungutan suara di masing-masing TPS yang diselenggarakan pada Hari Senin tanggal 7 Desember 2015 ini, dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum digeser ketempat tugas, dengan demikian diharapkan perencanaan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan optimal, dalam rangka mensukseskan pengamanan Pilkada Tabanan tahun 2015.
  2. Berdasarkan undang-undang Dasar 1945, pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara disamping itu, pemilu adalah sarana demokrasi untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat sehingga pemerintah dan pimpinan daerah yang lahir dari hasil pemilukada, merupakan kehendak rakyat dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat.
  3. Pada konteks inilah  Polri sebagai penanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan  penyelenggaraan pemilukada  Tabanan tahun 2015, hal ini dilakukan  melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprenshif, agar pesta demokrasi pemilukada Tabanan dapat berlangsung aman, jujur,adil dan demokratis. 

Pesan penting yang disampaikan pimpinan apel untuk dipedomani dan dilak sanakan dalam pengamanan Pilkada Tabanan tahun 2015 ini diantaranya :

  1. Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan displin kerja yang tinggi, dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga dapat menampilkan jatidiri Polri  sebagai sosok penolong,sahabat,pelayan masyarakat, serta penegak hukum yang jujur,benar, adil, transparan dan akuntabel.
  2. Implemtasikan asta siap secara maksimaldi masing-masing Kesatuan, sehingga pengamanan pemilukada Tabanan tahun 2015 dapat benar-benar kita laksanakan secara optimal.
  3. Perkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI dan segenap komponen masyarakat, guna mewujudkan sinergi polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan pemilukada Tabanan tahun 2015. Bagi segenap anggota Polri, jaga komitmen dan netralitas, serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilukada Tabanan tahun 2015 yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.
  4. Tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman terorisme yang memanfaatkan momen pemilukada Tabanan 2015, khususnya wilayah yang memiliki kerawanan serta berpotensi dijadikan terget oleh pelaku.
  5. Lakukan penegakkan hukum terhadap pelanggaran tindak pidana pemilu secara terpadu, melalui sentra gakkumdu.
  6. Berikan arahan dan petunjuk yang jelas kepada anggota sebelum bertugas, serta pedomani aturan dan  SOP yang berlaku, untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas.
  7. Lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat, terhadap pelaksanaan operasi dan kinerja anggota untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Selesai pelaksanaan apel gelar pergeseran pasukan Kapolres Tabanan beserta undangan yang hadir melaksanakan pengecekan pasukan serta logsitik Pemilukada Tabanan tahun 2015. Kemudian personil yang melaksanakan pengamanan TPS dibagikan perlengkapan yang akan dibawa ke TPS sebagai pertanggung jawaban dalam melaksanakn tugas pengamanan TPS nantinya.

Facebook Comments