Berita Terbaru

Jalin Sinergitas, Bhabinkamtibmas Desa Bantas Polres Tabanan Bina Pecalang

Polda Bali – Polres Tabanan – Humas.  Bhabinkamtibmas Desa Bantas Polres Tabanan Aiptu I Nyoman Subagia, S.H. memberikan pembinaan kepada Pecalang Desa Pekraman Bantas ( 12/09 ) bertempat di desa setempat.

Dalam menjalankan tugas sebagai  petugas keamanan, Polisi  tidak akan dapat menjalankan tugas dengan baik, mengingat keterbatasan personil yang tidak seimbang dengan banyaknya kegiatan masyarakat yang harus diamankan oleh Polisi.

Namun akan lebih  mudah jika peran dan tugas pokok Polisi khususnya dibidang menjaga keamanan kegiatan masyarakat tersebut, dilaksanakan dengan sinergitas baik dengan aparatur negara yang berkaitan maupun dengan pengamanan swakarsa.

Hal tersebut yang diungkapkan oleh Kapolsek Seltim I Gede Surya Kusuma, S.H., menyikapi pembinaan pecalang yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bantas Polsek Seltim Polres Tabanan.

“Sinergitas itu sangat perlu, untuk itu kami juga lakukan pendekatan kepada tokoh agama (toga) dan tokoh masyarakat (tomas) termasuk Pecalang untuk mewujudkan kerja sama dan meningkatkan koordinasi,”kata Surya Kusuma”

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Bantas dihadapan 5 orang Pecalang Desa Pekraman Bantastelah memberikan penjelasan tentang dasar hukum yaitu Undang-Undang No. 2 th. 2002, tentang Kepolisian RI, dan Perda Provinsi Bali  No. 3 th. 2001, tentang Desa Pekraman, dimana didalamnya terkandung  peranan Polri sebagai pembina pengamanan swakarsa termasuk Pecalang.

“Semua ini sebagai wujud sinergitas kami yang bertujuan tetap menciptakan dan menjaga stabilitas kambtibmas  khususnya diwilayah hukum Polsek Baturiti,” pungkas  Surya Kusuma.

Facebook Comments